Alasan kucing gemar memijat tuannya

Alasan kucing gemar memijat tuannya

Ilustrasi kucing. (pexels)

Jakarta (ANTARA) - Pernahkah anda melihat kucing anda memaju mundurkan kaki bagian depannya sebelum bersiap untuk tidur? Atau pernahkah anda merasa pernah dipijat oleh kucing anda selayaknya ia “menguleni adonan”?

Melansir The Conversation, Rabu, perilaku ini rupanya menunjukkan bahwa kucing merasa nyaman. Hal serupa juga yang terjadi saat kucing anda terdengar mendengkur atau bahkan sampai mengeluarkan air liur.

Dokter hewan dari Universitas Tennesse Julia Albright menjelaskan ada beberapa hal yang perlu anda pahami untuk mengetahui bahwa perilaku memijat kucing itu ditandakan bahwa sang anak bulu bahagia dekat dengan tuannya.

Jika dilakukan oleh kucing yang masih berusia bayi atau kittens, maka ini adalah kegiatan yang memang lumrah. Ketika bayi kucing memijat perut induknya artinya bayi kucing tengah merasa lapar dan siap untuk meminum susu dari ibunya.

Pada saat yang sama biasanya bayi kucing akan terdengar seperti mendengkur, ia menciptakan suara khusus yang terdengar seperti getaran menggunakan tenggorokannya.

Jika kebiasaan ini dilakukan hingga menginjak usia satu tahun atau usia dewasa, kucing menandakan dirinya merasa sangat tenang dan siap untuk beristirahat.

Biasanya memijat di area dekat peristirahatannya menandakan ia siap untuk tidur dengan lelap.

Meski demikian tak perlu kuatir jika kucing anda tidak melakukan gerakan ini, artinya kucing anda memang tidak tertarik menunjukkan keinginan untuk diperhatikan dengan cara memijat.

Anda pasti memahami ketika kucing anda menempelkan kepalanya atau kakinya ke bagian tubuh anda artinya ia sedang memberikan tanda berupa bau khusus yang dikeluarkan oleh tubuhnya. Sama halnya dengan itu, memijatkan kaki-kakinya kepada tuannya merupakan tanda kucing menganggap anda sebagai objek yang dikenalnya.

Anda dianggap sebagai zona nyamannya sehingga ia memijat anda.

Memijat juga rupanya dianggap sebagai sebuah sinyal dan bentuk komunikasi antara kucing dan pemiliknya.

Pijatan anak bulu yang menggemaskan juga bisa menjadi caranya mengekspresikan perasaannya mengatakan “Aku menyukaimu” pada pemiliknya terutama yang gemar memberikannya camilan.

Baca juga: Benarkah makanan buatan sendiri lebih baik untuk kucing?

Baca juga: Penularan COVID-19 dari manusia ke kucing ditemukan di Inggris

Baca juga: Tips mengatasi kutu pada hewan peliharaan

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar