Jakarta (ANTARA News) - Induk Koperasi Unit Desa (InKUD) berencana membuka kantor perwakilan Koperasi Unit Desa (KUD) di Portugal.

"Kami baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan sebuah federasi perkoperasian di Portugal yakni UniNorte Portugal," kata Ketua Umum InKUD, Herman Y.L. Wutun di Jakarta, Kamis.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Herman mewakili InKUD dengan President of Direction of UniNorte Cooperativa Portugal, Fernando Neves Rodrigues, di Porto, Portugal, pada awal September 2010.

Herman mengatakan, melalui nota kesepahaman itu disepakati salah satunya akan dibuka kantor perwakilan KUD di Portugal. "Kami datang ke Portugal juga dalam rangka memenuhi undangan dari mereka (UniNorte)," katanya.

Sebelumnya kedua belah pihak sempat bertemu di Dili, Timor Leste dalam sebuah acara terkait ICA (International Cooperative Association).

Menurut Herman, Portugal telah menyatakan kesediaannya mengurus kantor perwakilan KUD di negara itu yang juga wilayah kerja Uni Eropa. "Kantor cabang ini juga akan berfungsi untuk menjajaki bisnis apa saja di Uni Eropa yang bisa di bawa ke Indonesia," katanya.

Hal terpenting, menurut Herman, adalah sudah adanya kesediaan pihak Portugal untuk membantu membuka akses KUD di wilayah Uni Eropa.

UniNorte di Portugal juga telah menyatakan kesediaannya bekerja sama dengan InKUD mengembangkan berbagai hal meliputi pertanian, kerajinan tangan, konsumen, kredit, kebudayaan, pendidikan, perumahan dan konstruksi, perikanan, pekerja, jasa, dan solidaritas sosial.
(H016/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010