Jakarta kemarin, dari kasus tertinggi hingga pelarangan Shalat Jumat

Jakarta kemarin, dari kasus tertinggi hingga pelarangan Shalat Jumat

Sejumlah tenaga kesehatan membawa lilin untuk memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Liza Putri Noviana di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (24/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa penting dan menarik di Jakarta disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (24/6) dan masih layak dibaca untuk mengisi hari Jumat ini.

Informasi-informasi yang menarik untuk diulas kembali tersebut antara lain kasus COVID-19 yang kembali mencatatkan angka tertinggi, kebijakan penutupan ruang terbuka hijau di berbagai wilayah, tingkat keterisian rumah sakit, hingga pelarangan Shalat Jumat di zona merah.

Berikut rangkuman berbagai informasi di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Kamis (24/6):

1. Kasus baru COVID-19 di DKI Jakarta kembali capai rekor tertinggi

Jakarta (ANTARA) - Kurang dari sepekan setelah catatan pertambahan kasus tertinggi COVID-19 sebanyak 5.582 kasus pada Ahad (19/6), jumlah kasus virus berbahaya tersebut di DKI Jakarta kembali mencapai rekor tertinggi pada Kamis.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jakarta pada laman corona.Jakarta.go.id, pertambahan kasus positif Jakarta yang masuk pada Kamis ini adalah sebanyak 7.505 kasus. Total kasus konfirmasi positif meningkat dari 486.957 kasus menjadi 494.462 kasus.
Selengkapnya di sini.

2. Pemkot Jaksel tutup sementara 347 taman antisipasi kerumunan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menutup sementara 347 taman karena berpotensi menimbulkan kerumunan massa saat kasus COVID-19 di Jakarta melonjak.

"Penutupan sementara ini sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini.

3. KAI Commuter temukan 16 orang reaktif sesuai tes antigen acak

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter menemukan sebanyak 16 calon penumpang KRL berstatus positif berdasarkan hasil tes usap (swab) antigen secara acak selama tiga hari yang dilakukan di sejumlah stasiun.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan sejak Senin (21/6), pihaknya menggelar tes acak antigen mencegah penularan COVID-19 dan melarang calon penumpang yang positif baik KRL berdasarkan hasil tes antigen tersebut.
Selengkapnya di sini.

4. Seluruh taman kota di Jakarta Pusat ditutup hingga 5 Juli

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menutup seluruh ruang terbuka hijau (RTH), seperti taman, hutan kota, jalur hijau dan kebun bibit hingga 5 Juli guna mencegah klaster baru COVID-19.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda menjelaskan bahwa penutupan taman kota dilakukan sejak 22 Juni hingga 5 Juli mendatang.
Selengkapnya di sini.

5. Jaksel tiadakan ziarah TPU cegah penularan COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan meniadakan kegiatan ziarah di seluruh tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah itu mulai Kamis (24/6) sebagai antisipasi kerumunan peziarah yang berpotensi menimbulkan penularan COVID-19 .

"Saya sudah arahkan untuk meniadakan kegiatan ziarah termasuk di TPU," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini.

6. PPKM Mikro DKI diperpanjang, warga dilarang ziarah ke TPU

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang masyarakat berziarah ke Taman Pemakaman Umum (TPU) selama perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro di DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan larangan bagi warga untuk berziarah ke TPU kembali diberlakukan, menyusul jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat di DKI Jakarta.
Selengkapnya di sini.

7. Tingkat keterisian tempat tidur RSPI Sulianti Saroso capai 96 persen

Jakarta (ANTARA) - Tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Jakarta Utara mencapai 96 persen pada Kamis.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, pasien yang dirawat adalah pasien COVID-19 dengan gejala sedang hingga berat.
Selengkapnya di sini.

8. RSUP Persahabatan siapkan 90 persen tempat tidur untuk pasien COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menyiapkan 90 persen tempat tidur untuk pasien COVID-19 pada pertengahan Juli 2021.

Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan pasien rawat inap karena virus corona (COVID-19) di DKI Jakarta usai libur panjang.
Selengkapnya di sini.

9. Penaikan tarif parkir maksimal dinilai tidak tepat solusi dan waktu

Jakarta (ANTARA) - Penaikan tarif parkir di Jakarta yang rencananya diberlakukan maksimal hingga Rp60 ribu per jam untuk mobil dan motor hingga Rp18 ribu per jam dinilai tidak tepat solusi dan waktunya.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak yang menilai tarif parkir yang direncanakan sangat besar rentangnya antara Rp5.000 hingga Rp60.000 per jam karena keinginan kuat untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik.
Selengkapnya di sini.

10. Pemprov DKI larang warga Shalat Jumat di masjid kawasan zona merah

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melarang umat muslim menggelar Shalat Jumat di masjid yang masuk kawasan zona merah hingga 5 Juli 2021 mendatang.

Riza menyebutkan hal tersebut tertuang pada Keputusan Gubernur Nomor 796 Tahun 2021 tentang pengetatan di berbagai sektor saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.
Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Rekor baru, kasus COVID-19 harian RI tembus 54 ribuĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar