Komunitas BUMN Muda akan terlibat aktif kembangkan talenta muda Papua

Komunitas BUMN Muda akan terlibat aktif kembangkan talenta muda Papua

Arsip Foto - Sejumlah peserta Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Papua dan Papua Barat mengikuti proses inaugurasi di Jakarta, Sabtu (22/2/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Kami dari sisi BUMN Muda sangat fokus pada pengembangan talenta, kita fokus dengan pengembangan human capital generasi muda secara nasional, termasuk talenta muda dari Papua dan Papua Barat untuk menjadi calon pemimpin di masa depan
Jakarta (ANTARA) - BUMN Muda, sebagai komunitas di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia atau FHCI BUMN, akan terlibat aktif dalam mengembangkan sumber daya manusia (human capital) generasi muda BUMN, termasuk talenta muda Papua dan Papua Barat untuk menjadi calon pemimpin di masa depan.

Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi mengatakan bahwa pihaknya sangat serius dan akan terlibat sangat aktif dalam pengembangan talenta-talenta muda Papua dan Papua Barat di BUMN.

"Kami dari sisi BUMN Muda sangat fokus pada pengembangan talenta, kita fokus dengan pengembangan human capital generasi muda secara nasional, termasuk talenta muda dari Papua dan Papua Barat untuk menjadi calon pemimpin di masa depan," ujarnya kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Soleh Ayubi juga menambahkan bahwa dirinya ingin banyak generasi muda, termasuk talenta muda dari Papua dan Papua Barat menempati posisi pimpinan perusahaan BUMN sehingga representasi teman-teman dari Papua dan Papua Barat semakin besar dalam posisi-posisi strategis.

Ketua BUMN Muda itu juga menjelaskan semakin banyak dan beragamnya generasi muda, termasuk talenta muda Papua dan Papua Barat yang menempati posisi kepemimpinan dan strategis di BUMN tentunya akan lebih mendorong dan meningkatkan peran BUMN sebagai lokomotif pembangunan, pelindung kesejahteraan masyarakat dan kontributor deviden kepada negara.

Sebelumnya Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Badan Usaha Milik Negara telah merekrut 776 putra putri terbaik Papua hingga 2021, yang ditempatkan di 55 BUMN atau terealisasi sebesar 77 persen dari target 1.000 orang.

Baca juga: Kementerian BUMN buka kesempatan milenial menjadi CEO

Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar mengatakan bahwa FHCI tetap berkomitmen penuh untuk terus melaksanakan perekrutan bersama, khususnya putra putri terbaik Papua dengan melakukan perbaikan proses maupun keterlibatan BUMN agar lebih optimal membuka peluang kepada mereka.

Sejak 2019 sampai saat ini, FHCI melalui Program PPB Papua dan Papua Barat telah merekrut 776 putra putri terbaik Papua yang ditempatkan di 55 BUMN di seluruh Indonesia.

Program Perekrutan Bersama (PPB) Papua merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk dapat bergabung dengan BUMN sebagai tempat belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia dengan mengedepankan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) menuju Indonesia maju dan berdaya saing global.

Hal ini sejalan dengan kebijakan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk merekrut 1.000 putra dan putri terbaik Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di BUMN seluruh Indonesia yang disampaikan pada pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua di Istana Negara Jakarta pada 10 September 2019.

Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : S-165/MBU/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal penunjukan FHCI sebagai Koordinator Merangkap Pelaksana Program Perekrutan Bersama BUMN Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Hipmi usul pimpinan BUMN diisi kalangan milenial

Baca juga: Pemerintahan Jokowi komitmen dukung generasi muda kreatif

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah susun sistem pengelolaan bakat anak muda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar