Kendari (ANTARA News) - Penjualan kaset dan disket kompak (CD) bernuansa islami meningkat dari lima unit sebelum Ramadhan menjadi 15 unit per hari selama Ramadhan, yang dijual seharga Rp5 ribu sampai Rp25 ribu per keping tergantung kualitasnya.

"Penghasilan kami sebelum Ramadhan paling tinggi Rp75 ribu per hari, sekarang mencapai Rp250 ribu per hari sejak hari pertama Ramadhan," ujar Musyarrafah, pemilik Toko Mega Gaya Musik di Mal Mandonga Kendari, Minggu.

Dia mengatakan setiap bulan Ramadhan, kaset islami sangat diminati terutama kaset mengaji dan lagu qasidah. Namun ada juga yang membeli kaset yang tidak benuansa islami, meskipun jumlahnya relatif sedikit.

Mahmud, pedagang kaki lima yang menjual kaset CD di pinggir Jalan MT Haryono, mengatakan, kasetnya banyak laku dari jenis lagu nasyid yang dijual Rp5.000 per keping.

Faridah, salah seorang konsumen mengatakan setiap bulan Ramadhan dia membeli dua sampai tiga kaset produk islami, untuk menambah gairah berpuasa.

"Saya membeli kaset qasidah modern, walaupun punya banyak kaset yang lama. Saya memeroleh kepuasan yang lebih dibandingkan uang yang saya keluarkan Rp25 ribu untuk membeli kaset ini," katanya.

(ANT-178/H-KWR/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010