Sumbawa Barat, NTB (ANTARA News) - Korps Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, menggelar Seleksi Tilawatil Quran yang akan memilih masing-masing dua orang qori dan qoriah untuk mengikuti lomba tingkat provinsi.

"Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang berlangsung dua hari, 18-19 Agustus 2010, ini merupakan agenda Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) pusat terkait rencana menggelar STQ tingkat nasional," kata ketua panitia penyelenggara STQ yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Sumbawa Barat Syafruddin, di Taliwang, Kamis.

Ia mengatakan STQ tingkat kabupaten ini juga bertujuan mengisi kegiatan agama di bulan suci Ramadhan terutama di kalangan para pegawai negeri sipil.

STQ ini diikuti utusan anggota Korpri dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di kabupaten ini, sedangkan dewan hakam atau penilai berasal dari kantor Kementerian Agama Sumbawa Barat,

Syafruddin mengharapkan STQ ini menghasilkan dua orang qori dan dua orang qoriah untuk dikirim mewakili Sumbawa Barat pada lomba serupa tingkat provinsi atau nasional.

"STQ ini juga merupakan upaya pemerintah membina para pegawia di bidang agama serta meningkatkan iman dan takwa selama bulan puasa," katanya..

STQ Sumbawa Barat diikuti 22 orang pegawai, masing-masing 15 pegawai laki-laki dan tujuh pegawai perempuan. Mereka berasal dari pengurus Korpri tingkat kabupaten, kecamatan dan kelurahan.

"Kami harapkan STQ ini bisa melahirkan pegawai yang fasih membaca ayat suci Al Quran dengan baik dan benar," katanya.

Pemenang STQ ini selain akan menjadi utusan Sumbawa Barat ke STQ tingkat provinsi, juga akan menerima hadiah dari pemerintah kabupaten.(*)

(ANT-231/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010