Bengkulu (ANTARA News) - Jalan lintas barat Bengkulu mulai tujuh hari menjelang (H-7) Idul Fitri 1431 Hijriah siap dilalui kendaraan para pemudik lebaran baik tujuan ke Pulau Jawa maupun sejumlah kota di Sumatera.

"Mulai H-7 nanti jalan lintas barant Bengkulu siap dilalui kendaraan para pemudik tujuan ke Jawa dan kota di Sumatera karena perbaikan jalan sudah tuntas," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bengkulu, Samsidi, di Bengkulu, Minggu.

Perbaikan jalan lintas barat Bengkulu sepanjang 432 km saat ini sudah mendekati selesai, dan diharapkan pada H-7 kondisi jalan nasional dalam keadaan mantap meski ada beberapa titik masih dalam perbaikkan, tapi tidak akan mengganggu kelancaran arus mudik di jalur tersebut.

Demikian pula untuk jalur mudik dari Kota Bengkulu ke Lubuklinggau dan Bengkulu batas Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) siap dilalui kendaraan mudik lebaran pada H-7 mendatang.

"Kita jamin seluruh jalan yang akan digunakan jalur mudik angkutan lebaran di Bengkulu pada tahun ini dalam kondisi mantap dan lancar. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kemacetan dalam perjalanan," ujarnya.

Meski demikian, DPU Provinsi Bengkulu tetap melakukan antiisipasi berupa menyiapkan sejumlah alat berat di sejumlah titik rawan longsor pada jalur mudik. Titik rawan longsor di jalan lintas barat yang ditempatkan alat berat, antara lain di Desa Penarik, Urai, Talo, Merpas dan beberapa titk lainnya.

Dengan disiagakan alat berat ini, jika terjadi hujan lebat disertai tanah longsor, maka timbunan tanah yang ada di badan jalan dapat disingkirkan dengan cepat, sehingga arus lalu lintas bus angkutan lebaran dan kendaraan lainnya tetap berjalan lancar.

"Kita jamin arus lalu lintas kendaraan di jalur mudik Bengkulu dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Sejumlah petugas kita siagakan di daerah yang rawan kemacetan. Ini dilakukan agar kendaraan mudik lebaran dapat berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Bengkulu, Ali Berti mengatakan, mulai H-7 Idul Fitri pihaknya akan menurunkan petugas LLAJR untuk mengamankan kelancaran lalu lintas kendaraan di jalur mudik daerah ini.

"Mereka akan ditempat di sejumlah titik yang rawan mengalami kemacetan. Hal ini dilakukan agar arus lalu lintas kendaraan di jalur mudik tetap berjalan lancar, sehingga angkutan mudik lebaran di Bengkulu dapat berlangsung lancar, aman dan sukses," ujarnya
(T.ANT-212/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010