Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pada Lebaran tahun ini mencapai 3,6 juta orang, naik dibanding pada 2009 yang berjumlah 3,1 juta orang.

"Kisaran jumlah pemudik sepeda motor memang diprediksikan mengalami peningkatan di Jakarta," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Senin.

Sementara itu, prediksi jumlah warga Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang mudik mencapai 30 hingga 40 persen dari sekitar 15 juta orang jumlah total warganya.

Boy menyatakan pihaknya berharap pemudik tidak menggunakan sepeda motor, guna mengutamakan faktor keselamatan.

"Pasalnya kendaraan motor itu cukup beresiko mengalami kecelakaan," ujarnya.

Guna mencegah kecelakaan sepeda motor, polisi juga mengimbau pemudik tidak menumpang kendaraan roda dua lebih dari dua orang.

Perwira menengah kepolisian itu, menegaskan pihak kepolisian akan memberikan sanksi tegas sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas bagi pengendara motor dengan penumpang lebih dari tiga orang.

"Kita akan berlakukan tilang bagi penumpang motor lebih dari tiga orang," tutur Boy.

Boy menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada rombongan pemudik motor agar berkoordinasi dengan anggota kepolisian untuk memberikan pengawalan hingga daerah perbatasan.

(T014/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010