Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari jalur Pantura menuju simpang Jomin hingga ke gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Sabtu pagi atau H-6 lebaran mengalami kemacetan yang diperkirakan lebih dari 1,5 kilometer.

Penelusuran ANTARA, kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan yang panjang terjadi dari jalan raya Pangulah atau jalur Pantura Karawang hingga memasuki simpang Jomin.

Dari simpang Jomin sampai ke pertigaan Mutiara juga terjadi kepadatan kendaraan sampai mengakibatkan macet.

Begitu juga dengan arus lalu lintas dari pertigaan Mutiara ke arah gerbang Tol Cikampek, terjadi kemacetan yang cukup panjang hingga pertigaan gerbang Tol Cikampek.

Sejumlah kendaraan yang melintasi dari jalur Pantura menuju gerbang Tol Cikampek beberapa kali terhenti, dari mulai jalur raya Pangulah hingga memasuki simpang Jomin.

Dari simpang Jomin sampai ke pertigaan Mutiara hingga ke gerang Tol Cikampek juga beberapa kali harus terhenti kendaraan yang melintas itu.

Kemacetan terjadi akibat penyempitan ruas dari jalur Pantura menuju gerbang Tol Cikampek, yang hanya terdapat satu ruas atau satu lapis kendaraan pada lajur tersebut.

Hal tersebut dilakukan setelah aparat kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas, dengan menggeser pembatas jalan cenderung menyempitkan lajur dari arah jalur Pantura ke gerbang Tol Cikampek.

Sedangkan lajur sebaliknya, yakni dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura terlihat dua lapis, sehingga arus lalu lintas pada lajur itu lancar.

Kondisi itu berlangsung cukup lama, tidak kurang dari dua sampai tiga jam kondisi kemacetan. Namun, arus lalu lintas dari jalur Pantura menuju gerbang Tol Cikampek kembali normal memasuki Sabtu siang.
(MAK/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010