Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) menggelar mudik secara gratis bersama para mekanik sebagai upaya ikut menekan angka kecelakaan selama masa Lebaran 2010.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan melepas rombongan yang berjumlah sekitar 2.000 mekanik beserta keluarganya di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu.

Turut mendamping Karen, Direktur Keuangan M Afdal Bahaudin, Direktur SDM Rukmi Hadihartini, Direktur Umum Waluyo, dan Direktur Pengolahan Edy Setianto.

Pertamina mengerahkan 50 unit bus dengan tujuan Surabaya (9 bus), Semarang (tujuh), Purwokerto (tujuh), Yogyakarta (sembilan), Solo (10 bus), Wonogiri (enam), dan Lampung (dua).

"Dengan memberangkatkan 2.000 mekanik beserta keluarganya ini bisa mengurangi penggunaan 1.000 motor," kata Vice President Corporate Communication Mochamad Harun.

Ia mengharapkan, pengurangan mudik menggunakan motor bisa menekan tingkat kecelakaan pemudik sepeda motor yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Data Ditlantas Mabes Polri menyebutkan, kecelakaan pada masa Lebaran 2009 telah mengakibatkan 1.646 korban yang 702 orang di antaranya tewas, 859 luka berat dan 1.697 luka ringan.

Dari data tersebut, jumlah kecelakaan pengendara sepeda motor mencapai sekitar 76 persen, sedangkan sisanya beroda empat atau lebih.

Menurut Harun, sebagian besar mekanik yang ikut dalam program Pulang Mudik Keluarga Mekanik (Piknik) itu merupakan pemudik menggunakan sepeda motor.
(K007/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010