Palembang (ANTARA News) - Dana bantuan untuk transportasi calon haji (Calhaj) Sumatra Selatan (Sumsel) hingga kini yang sudah tersalur hampir mencapai Rp3 miliar.

Dana bantuan untuk transportasi Calhaj itu diberikan sebesar Rp1 juta per orang khusus Calhaj Sumsel, kata Kabid Haji, Zakat dan Wakap Kanwil Depag Sumsel, H Udin Djohan di Palembang, Minggu.

Menurut dia, selain Calhaj, para petugas haji dari Sumsel juga mendapat bantuan dana transportasi haji tersebut.

Mereka yang menerima bantuan dana transportasi itu yakni sebanyak 6.349 Calhaj ditambah 100 petugas haji, katanya.

Ia menyatakan, total dana bantuan transportasi untuk Calhaj dan petugas haji pada tahun 2009 ini sebesar Rp6,3 miliar.

Mudah-mudahan bantuan dana transportasi haji itu bisa membantu meringankan biaya Calhaj dalam menunaikan ibadahnya.

Salah seorang Calhaj, Mimi (33) yang ditemui di Asrama Haji Palembang mengatakan, bantuan transportasi haji yang diberikan oleh pemerintah provinsi Sumsel sangat membantu.

"Pada waktu masuk asrama haji Sabtu (7/11-red), bantuan dana transportasi sudah saya terima dari petugas haji," ujarnya.

Dana bantuan transportasi itu sebesar 333 riyal ditambah Rp1.000,-, jadi sekitar Rp1 juta per orang, kata Mimi yang menemani orang tuanya berangkat menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

Ia mengaku, sangat senang memperoleh bantuan dana transportasi haji tersebut apalagi ini merupakan tahun pertama bantuan itu dikucurkan.

Pada tahun 2009 ini embarkasi Palembang memberangkatkan Calhaj Sumsel ke Tanah Suci sebanyak 6.349 orang, belum termasuk dari provinsi Bangka Belitung 937 orang.(*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009