Palembang (ANTARA News) - Sebanyak tujuh dari 14 kelompok terbang (Kloter) calon haji (Calhaj) yang berangkat melalui embarkasi haji Palembang saat ini sudah berada di Mekkah.

Kabag Humas Kanwil Depag Sumsel, Saefudin menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai Calhaj yang diberangkatkan melalui embarkasi haji Palembang di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sedangkan tujuh Kloter lagi yakni lima kloter sudah berada di Madinah, kemudian satu Kloter dalam perjalanan ke Madinah sementara satu Kloter lagi masih di Jeddah.

Jadi, hingga hari ini embarkasi haji Palembang telah memberangkatkan sebanyak 14 Kloter dengan 4.514 Calhaj, katanya.

Ia mengatakan, dari jumlah Calhaj tersebut dua diantaranya meninggal dunia masing-masing berasal dari Bangka Belitung dan Sumsel.

Satu Calhaj yang meninggal dunia dari Bangka Belitung itu tercatat di Kloter sembilan, sedangkan satu Calhaj dari Sumsel tersebut dari Kloter enam, ujarnya pula.

Sementara Calhaj lainnya dalam kondisi sehat, kalaupun ada yang jatuh sakit, tetapi tidak sampai diopname di rumah sakit di sana, ujarnya pula.

Berdasarkan data yang ada embarkasi haji Palembang pada hari Rabu malam ini (11/11, red) akan memberangkatkan Calhaj Kloter 15 ke Tanah Suci sekitar pukul 20.00 WIB.

Calhaj Kloter 15 itu berasal dari lima KBIH yakni Al Muhajirin, Multazam, An-Namiro, Azizah dan Mandiri.

Pada tahun 2009 ini embarkasi haji Palembang akan memberangkatkan sebanyak 6.349 Calhaj dari Sumsel dan 937 Calhaj dari Bangka Belitung. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009