Boyolali (ANTARA News) - Lima calon haji (Calhaj) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Moewardi Solo karena menderita sakit dan harus menjalani perawatan intensif.

Lima calhaj tersebut, yakni Ningmas (73) asal Cilacap tergabung kelompok terbang 45 akibat sakit stroke, Sulasih Saput Pawiro (69) asal Yogyakarta kloter 63 akibat kelainan jatung, Sadermi Harjo Sumitro (60) asal Yogyakarta akibat sakit Hipertensi, sedangkan Windariyati (50) asal Kota Semarang dan Trubus Wodoso (55) asal Yogyakarta masih dirawat di ruang ICCU di RSUP Solo, kata Ketua Humas Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Ahmad Saidun, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu.

Menurut Saidun, kedua calhaj yakni Windariyati yang tergabung kloter 66 dan Trubus Wodoso tergabung kloter 67 dirujuk ke rumah sakit setibanya di Asrama Haji Donohudan, Sabtu (14/11), tetapi hingga kini belum diketahui apa penyakitnya karena masih di ruang ICCU.

Kendati demikian, kata Saidun, kelima calhaj yang menjalani rawat inap di rumah sakit setempat tersebut keberangkatan ke Tanah Suci harus tertunda. Jika mereka sudah dikatakan sembuh oleh dokter yang merawat, maka mereka dapat diikutkan pada kloter berikutnya.

Saidun menjelaskan, calhaj yang sakit hingga menjalani rawat inap di rumah sakit yang ditunjuk, mereka akan ditanggung oleh pemerintah dalam batas waktu hingga tujuh hari. Jika calhaj menjalani rawat inap lebih dari tujuh hari, maka selebihnya ditanggung jemaah bersangkutan.

"Pemerintah akan menanggung biaya perawatan hanya sampai tujuh hari di rumah sakit yang ditunjuk atau di Embarkasi Surakarta di RSUP Dr. Moewardi Solo. Selebihnya akan ditanggung jemaah sendiri," katanya.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Surakarta, hingga Sabtu (14/11), telah memberangkatkan calhaj sebanyak dua kloter yakni 64 asal Klaten pada pukul 00:27 WIB dan 65 asal Yogyakarta pukul 01:40 WIB.

Setelah rombongan kloter 56 diterbangkan ke Arab Saudi, kata dia, jumlahnya calhaj yang sudah di Tanha Suci sebanyak 24.567 orang.

Saidun menjelaskan, rombongan jemaah yang memasuki ke Asrama Haji Donohudan saat ini ada empat kloter yakni 66 (Kota Semarang), 67 (Yogyakarta) , 68 (Kabupaten Brebes), dan 69 (Yogyakarta).

Namun, calhaj kloter 66 baru masuk ke asrama, Sabtu (14/11) sekitar pukul 08:00 WIB, disusul kloter 67 pukul 10:00 WIB, kloter 68 pukul 12:00 WIB dan terakhir kloter 69 pukul 14:00 WIB.

Sejak pemberangkatan rombongan calhaj kloter 65 pukul 01:40 WIB dini hari, kondisi di pemondokan Asrama Haji Donohudan sempat sepi selama tujuh jam. Karena, kloter 66 yang akan diberangkatkan berikutnya baru tiba di asrama haji pukul 08:00 WIB.

"Di asrama haji Donohudan sempat sepi tidak ada calhaj satu orangpun sekitar tujuh jam. Kalau hari-hari sebelumnya dari kloter ke kloter selanjutnya saling menyusul sehingga pemondokan tidak pernah sepi calhaj," kata Saidun. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009