Palembang (ANTARA News) - Rombongan calon haji kelompok terbang (kloter) 18 asal Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), Minggu berangkat ke tanah suci dengan menumpang pasawat Garuda untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Pemberangkatan rombongan calon haji itu dilepas Kepala Kanwil Departemen Agama Sumsel Najib Haitami melalui embarkasi haji Sumsel di Palembang.

Calon haji berjumlah 324 orang termasuk petugas itu, 52 orang di antaranya memiliki risiko tinggi terkait dengan kesehatannya, sehingga mereka mengenakan rompi khusus.

Kasubag Humas Kanwil Departemen Agama Sumsel Saefudin mengatakan rombongan calon haji kloter 18 itu sebelum berangkat menuju Arab Saudi, lebih dulu menginap selama satu malam di asrama haji Palembang untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Menurut dia, setelah diperiksa tim kesehatan, seluruhnya dinyatakan sehat, dan mereka langsung diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Arab Saudi.

Ia mengatakan dengan bertolaknya rombongan calon haji tersebut, masih ada lima kloter lagi yang belum diberangkatkan ke tanah suci melalui embarkasi Palembang.

Calon haji yang diberangkatkan menuju tanah suci melalui embarkasi Sumsel pada 2009 sebanyak 23 kloter yang berasal dari Sumsel maupun dari Bangka Belitung.

Calon haji Sumsel yang berangkat pada 2009 sebanyak 6.349 orang, sedangkan dari Bangka Belitung 937 orang.

Dia mengatakan pemberangkatan calon haji melalui embarkasi Sumsel untuk kloter pertama berasal dari Kota Lubuklinggau, Sumsel, pada 24 Oktober lalu.

Semua calon haji yang telah diberangkatkan itu, saat ini sebagian besar sudah berada di Mekkah untuk bersiap-siap melaksanakan wukuf di Arafah.

Sesuai jadwal, untuk kloter terakhir ada 23 calon haji Sumsel yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada 20 November mendatang.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009