Palembang (ANTARA News) - Minat masyarakat Sumatra Selatan menunaikan haji cukup tinggi, terbukti kuota haji daerah ini sudah terisi penuh hingga tahun 2014.

Kasubag Humas Kanwil Departemen Agama Sumsel, Saefudin di Palembang, Rabu mengatakan, calon haji Sumsel yang berminat untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut sudah penuh hingga tahun 2014.

"Sumsel setiap tahun dijatahi kouta haji sebanyak 6.300, tetapi jumlahnya cukup besar sehingga pemberangkatan sudah penuh sampai 2014 nanti," kata dia.

Menurut dia, banyaknya minat masyarakat untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut setelah daerah ini dijadikan embarkasi haji.

Sejak dibukanya embarkasi haji tiga tahun lalu, minat masyarakat cukup banyak sehingga setiap pemberangkatan melebihi kouta, kata dia lagi.

Ketika ditanya mengenai penambahan kouta, ia mengatakan, hal itu wewenang Departemen Agama pusat.

Pembagian kouta haji itu ditentukan pemerintah pusat sementara daerah hanya menerima saja, kata dia.

Dia mengatakan, memang untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut syaratnya cukup mudah karena masyarakat hanya menabung sejumlah uang ditetapkan ditabungan haji pada bank yang ditunjuk.

Setelah menabung, nasabah selanjutnya melapor ke kantor Depag setempat untuk mengetahui pelaksanaan pemberangkatan, kata dia lagi.

Namun, banyaknya minat warga mendaftar untuk pergi ke tanah suci itu, berarti pertumbuhan perekonomian dan tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah ini juga meningkat, tambah dia.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009