Baubau, Sultra (ANTARA News) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, H.Mz. Amirul Tamim mengatakan, pola manejemen yang diterapkan Arab Saudi dalam menangani jamaah haji perlu ditiru karena negara itu telah menangani jutaan jemaah dengan baik.

"Pembangunan infrastruktur serta kesiapan manajemennya perlu dicontoh. Kehadiran jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia, negara ini mampu menanganinya dengan baik," kata Amirul pada acara syukuran usai menunaikan ibadah haji tahun ini, di Baubau, Selasa.

Amirul juga sangat terkesan dengan geliat pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Arab Saudi, khususnya di Kota Mekkah dan Madina yang sangat pesat. Para jamaah haji diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah, meskipun dalam jumlah jemaah haji yang sangat besar.

"Pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahan kepada jemaah haji, sehingga jemaah dapat menjalankan rukun haji dengan baik,? ujarnya.

Di hadapan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di Kota Baubau, Walikota Baubau juga menceritakan perjalanan spiritualnya selam melaksnakan ibadah haji mulai dari perkara kecil hingga perkara besar dengan berbagai kesan yang didapatkannya, sehingga dapat menjadi pelajaran kepada masyarakat Baubau yang berniat melaksanakan ibadah haji.

Menurut dia, panggilan untuk melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima harus diawali dengan niat yang baik, apalagi, ibadah ini merupakan ibadah yang meliputi jasmani dan rohani yang terpadau secara menyeluruh.

"Untuk melaksanakan ibadah haji harus dimulai dengan niat yang tulus untuk beribadah, sehingga dalam menjalakankan rangkaian ibadah itu dapat dijalankan dengan baik. Oleh karena itu, kesiapan lahir batin harus menjadi perhatian," ujarnya.

Ia juga menambahkan, satu yang harus menjadi hikmah dari ibadah haji yang dirasakannya bahwa manusia tidak ada apa apanya dibandingkan dengan yang Maha Kuasa.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009