Pangkalpinang (ANTARA News) - Jemaah haji asal Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) di Mekah, seluruhnya sehat meski usia para jemaah telah lanjut.

Kasi Haji pada Departemen Agama Pangkalpinang, Saipul Jamil di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan, berdasarkan laporan petugas di Mekah, kondisi kesehatan 257 jemaah haji yang telah berusia 60 hingga 70 tahun di Mekah cukup baik.

"Sampai saat ini belum ada laporan, jemaah haji yang sakit dan tertular penyakit selama menunaikan ibadah haji di Mekah, semua berjalan lancar termasuk jadwal kepulangan jemaah haji ke Kota Pangkalpinang sesuai dengan jadwal," ujarnya.

Ia menjelaskan, jemaah haji pada kloter 8 tiba di embarkasi Palembang pada pukul 09.45 WIB, 14 Desember dan tiba di bandara Depati Amir Pangkalpinang pukul 08.30 WIB, 15 Desember dengan menguna maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

"Para jemaah haji asal Pangkalpinang yang tergabung kloter 8 itu, akan disambut langsung Gubernur Bangka Belitung (Babel) Eko Maulana Ali, Wali Kota Pangkalpinang, Zulkarnain Karim dan Kepala Depag provinsi dan kota di Bandara Depati Amir Pangkalpinang ," ujarnya.

Sementara itu, jadwal kepulangan jemaah haji asal Bangka Tengah dan Sungailiat yang tergabung pada kloter 9 tiba di embarkasi Palembang pada pukul 15.00 WIB, 15 Desember dan tiba di bandara Depati Amir pukul 08.30 WIB, 16 Desember.

"Saat ini, seluruh jemaah haji Pangkalpinang sudah selesai melaksanakan rukun haji, saat ini hanya menunggu waktu kepulangan saja," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk keamanan dan kelancaran, para keluarga penjemput jemaah haji cukup menjemput di Kantor Kanwil Babel karena ruang tunggu di bandara Depati Amir Sempit, tidak cukup menampung para keluarga penjemput.

"Kami mengharapkan keluarga penjemput cukup menunggu dan menjemput keluarga, sanak famili di Kantor Kanwil Babel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009