Palembang (ANTARA News) - Jemaah haji asal Bangka Belitung, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) delapan tiba di Bandara Internasional Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), Senin (14/12).

Berdasarkan data jadwal pemberangkatan jemaah asal provinsi pemekaran Sumsel itu berangkat Minggu malam dan diperkirakan tiba di Palembang, Senin, kata Kasubag Humas Kanwil Departemen Agama Sumsel, Saefudin di Palembang, Minggu.

"Hari ini tidak ada kedatangan jemaah dari Arab Saudi tetapi hanya pemberangkatan yakni jemaah asal Bangka Belitung saja," kata dia lagi.

Menurut dia, jemaah haji asal Bangka Belitung itu nantinya setiba di Bandara Internasional Palembang tetap masuk asrama haji, setelah beristirahat sejenak selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju provinsi kepulauan itu.

Jemaah haji asal Bangka belitung dibagi dalam tiga kloter yang pemulanganya dimulai pada 13 malam ini hingga 15 Desember 2009, kata dia.

Namun, lanjut dia, jemaah tersebut akan tiba di Palembang sehari setelah pemberangkatan karena perjalanan dari Arab Saudi menuju Palembang rata-rata sembilan jam.

Jemaah asal Bangka Belitung itu diharapkan tiba di Palembang tepat waktu sehingga penjemputannya nanti tidak tertunda, kata dia pula.

Sebelumnya untuk jemaah asal Provinsi Sumsel yang telah diberangkatkan mulai dari kloter satu hingga tujuh semuanya terlambat satu hingga empat jam.

Lebih lanjut dia mengatakan, keterlambatan itu karena pemeriksaan di Bandara Arab Saudi cukup ketat sehingga memakan waktu lama sehingga pemberangkatannya juga terpaksa tertunda.

Berdasarkan data jumlah jemaah haji asal provinsi Bangka Belitung yang menunaikan rukun Islam kelima sebanyak 960 orang yang pemulangannya dari tanah suci mulai malam ini.(*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009