Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu melepas keberangkatan 80 orang calon haji (calhaj) kuota tambahan menuju Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.

"Saya mendoakan semoga calhaj kuota tambahan ini selamat sampai tujuan dan lancar dalam ibadah hajinya," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat melepas keberangkatan calhaj di Pangkalpinang, Jumat.

Ia berpesan agar 80 calhaj kuota tambahan yang akan bergabung dalam kloter 24 ini, dapat meluruskan niatnya semata-mata hanya karena Allah SWT. Membersihkan hati dan berperilaku terpuji serta menghindari perkataan yang sia-sia selama berhaji.

Baca juga: Daftar tunggu calhaj di Belitung hingga 2038

Selain itu, dapat mengamalkan ilmu yang telah di pelajari selama manasik, melaksanakan ibadah haji dengan tenang, sabar, tawakal dan tidak berperilaku kasar. Menjaga pantangan dan larangan selama mengerjakan ibadah haji, dan semoga mendapatkan predikat haji mabrur/mabruroh.

"Tetap semangat saat menunaikan ibadah haji, harus sabar, jaga kebersamaan, dan ikuti apa yang sudah di ajarkan pada waktu manasik haji," ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Babel Tumiran mengatakan 80 calon haji kuota tambahan dengan rincian dari Pangkalpinang 24 calhaj, Bangka tujuh calhaj, Bangka Tengah 32 calhaj, Bangka Barat sembilan calhaj, dan Bangka Selatan delapan calhaj.

"Alhamdulillah, keberangkatan calhaj dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju embarkasi Palembang berjalan lancar," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Andri Nurtito mengimbau calhaj menjaga kesehatan dan memperbanyak mengkonsumsi air dan buah.

"Calhaj sering-seringlah minum, anjurannya setiap jam minum sedikit dengan membasahi tenggorokan, sehingga dalam 24 jam sebanyak 2 hingga 3 liter agar tidak mengalami dehidrasi," katanya.

Baca juga: Koper haji OKU-Sumsel tertukar dengan jamaah Bangka Belitung

Baca juga: Jamaah calon haji diminta perbanyak konsumsi buah-buahan

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023