Piala Eropa 2020

Taklukkan Belgia 2-1, Italia ke semifinal Euro 2020 hadapi Spanyol

Taklukkan Belgia 2-1, Italia ke semifinal Euro 2020 hadapi Spanyol

Pesepak bola Italia Nicolo Barella melakukan selebrasi bersama Federico Chiesa dan Marco Verratti rsetelah berhasil mencetak gol ke gawang Belgia dalam laga babak perempat final Euro 2020, di Stadion Allianz Arena Munich, Munich, Jerman, Jumat (2/7/2021). Italia melaju ke babak semi final setelah mengalahkan Belgia 2-1. ANTARA FOTO/Pool via Reutersy - Christof Stache/hp.     

Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang diciptakan Nicolol Barella dan Lorenzo Insigne pada babak pertama sudah cukup membuat Italia meraih tiket semifinal Euro 2020 untuk menghadapi Spanyol di Wembley pekan depan setelah mengakhiri perlawanan Belgia dengan 2-1 dalam laga perempatfinal di Allianz Arena, Munich, Sabtu dini hari.

Italia membuka skor pada menit ke-31 lewat Barella yang digandakan 13 menit kemudian oleh Insigne, namun diperkecil oleh Romelu Lukaku dari tendangan penalti yang juga terjadi pada babak pertama.

Leonardo Bonucci sempat merobek gawang Belgia pada menit ke-13 setelah meneruskan sebuah tendangan bebas, namun review VAR menganulir gol itu karena sang pemain offside.

Baca juga: Spanyol ke semifinal Euro 2020 setelah menang adu penalti
Baca juga: Unai Simon puji Yann Sommer


Italia memecahkan kebuntuan pada menit ke-31 ketika Barella meneruskan umpan Marco Verratti dengan mengelabui Thorgan Hazard sebelum melepaskan tendangan kencang yang tak bisa dicegah penjaga gawang Thibaut Courtois.

Courtois kembali harus memungut bola dari dalam gawang pada menit ke-44 ketika gerakan indah dari Insigne di luar kotak penalti Belgia dia akhiri dengan tendangan keras diagonal yang sulit dijangkau oleh kiper nomor satu Belgia itu.

Italia hampir saja menuntaskan laga tersebut dengan kedudukan 2-0 namun bek Giovanni Di Lorenzo dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jeremy Doku di dalam kotak penalti Azzurri.

Setelah tinjauan VAR, wasit memastikan itu penalti dan Lukaku sukses menjadi algojo tendangan penalti dengan menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Baca juga: Kalah adu penalti, Shaqiri tetap bangga kepada tim
Baca juga: Pahlawan adu penalti, Unai Simon jadi "Star of the Match"


Italia bahkan nyaris menciptakan gol ketiga pada menit ke-66 ketika Leonardo Spinazzola sudah tepat menyambut bola namun dia tak bisa mengarahkan bola tepat ke sasarannya. Setelah itu Belgia mati-matian menyamakan kedudukan tapi tak kunjung bisa menjebol gawang Italia karena Azzurri menutup ruang mereka dalam mengancam pertahanan Italia.

Italia yang dominan pada babak pertama dengan 55 penguasaan bola dan sembilan upaya gol yang empat di antaranya tepat sasaran, kembali mendominasi babak kedua.

Total Azzurri melepaskan 14 percobaan gol yang tiga di antaranya tepat sasaran, sedangkan Belgia mengirimkan 9 upaya yang juga tiga di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Ceko kontra Denmark bak duel dua tim bersenjata kembar
Baca juga: Euforia Inggris dan peluang juara Three Lions


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar