LaNyalla ingatkan Bansos saat PPKM Darurat harus tepat sasaran

LaNyalla ingatkan Bansos saat PPKM Darurat harus tepat sasaran

Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti. (ANTARA/HO-DPD RI)

Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti mengingatkan pemerintah yang akan kembali mendistribusikan bantuan sosial saat pelaksanaan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3 hingga 20 Juli, harus tepat sasaran.

"Bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat. Apalagi selama PPKM Darurat seluruh aktivitas masyarakat benar-benar terbatas. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bansos tepat sasaran, atau benar-benar diterima oleh mereka yang terdampak pandemi," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Di masa PPKM Darurat, pemerintah akan menggulirkan Bansos berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu setiap bulannya. BST akan dibagikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 34 provinsi.

"Program BST seharusnya selesai bulan lalu. Hanya saja, kebijakan pemerintah menerapkan PPKM Darurat membuat program ini diperpanjang," kata dia.

Baca juga: KPK harap kebijakan penyaluran kembali bansos kedepankan transparansi

Baca juga: Menko PMK: Penyaluran bansos paling lambat pekan kedua Juli 2021


Ia mengatakan pada periode Januari-April 2021, BST sudah diberikan kepada 9,6 juta keluarga dengan anggaran Rp11,94 triliun.

Sedangkan untuk perpanjangan, BST akan dibayarkan pada Juli dan Agustus kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi. Perpanjangan BST akan membutuhkan anggaran Rp6,1 triliun.

"Bantuan sosial ini akan diberikan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli. Mudah-mudahan para keluarga yang menghadapi PPKM Darurat bisa terbantu. Karenanya kita minta agar data penerima valid," katanya

Guna menekan laju penularan COVID-19 di Indonesia, LaNyalla meminta semua pihak untuk bekerja sama dan saling mematuhi aturan PPKM Darurat.

"Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kita berharap seluruh lapisan masyarakat mengambil peran serta memiliki kesadaran untuk sama-sama menghadapi masa yang sulit ini. Agar kita bisa kembali beraktivitas normal," katanya.

Baca juga: Kemensos segera salurkan BST antisipasi dampak PPKM Darurat

Baca juga: Usai dikunjungi Presiden, Rawasari ajukan bansos untuk warga isoman

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketua DPD sebut pandemi beri hikmah untuk mengetahui kelemahan fundamental

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar