Batam (ANTARA News) - Empat calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam meninggal di Tanah Suci sampai hari ini, kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Erizal Abdullah, di Batam, Minggu.

"Jumlah jamaah haji yang meninggal dunia bertambah satu lagi, yang meninggal Minggu, waktu Madinah yaitu Rd Rivai bin Ibrahim asal Provinsi Jambi yang tergabung dalam kelompok terbang 14 meninggal di Madinah dan dikuburkan di Baqi," katanya.

Sebelumnya, A Datuk Permata Kayo asal Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau yang tergabung dalam kelompok terbang tiga juga meninggal Mekkah, Kamis (4/11).

Supriati Supatmo Kabul asal Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat yang tergabung dalam kloter 21 meninggal dunia di Mekkah, Jumat(5/11).

Dan Hadi bin Soi, yang tercatat sebagai haji asal Kampar, Riau, meninggal dalam usia 73 tahun, Rabu (20/10), pukul 12.30 Waktu Arab Saudi.

Umumnya, para calon haji meninggal dunia karena sakit dan sempat dirawat Balai Pengobatan Haji Indonesia, kata Erizal.

Sementara itu, mengenai kondisi jamaah yang lain, Erizal mengatakan umumnya dalam kondisi sehat.

Sementara itu, PPIH mengingatkan jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Menurut dia, suhu di tanah suci mencapai 40 derajat celcius.

"Suhu itu berlangsung setiap hari," kata dia.

Ia juga menghimbau agar jamaah untuk membawa pelembab agar terhindar dari kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Embarkasi Hang Nadim Batam melayani 10.065 jemaah haji dari empat provinsi yaitu Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat dan Jambi yang terbagi dalam 23 kelompok terbang.(*)



(T.Y011/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010