Bandarlampung (ANTARA News) - Jamaah calon haji asal Provinsi Lampung mendekati akhir pelaksanaan ibadah haji banyak yang terserang penyakit flu dan batuk.

Sekretaris Tim Pemantau Pelaksanaan Haji Daerah (TPPHD) Provinsi Lampung musim haji 1431 H/2010 M, Budi Hutasuhut, menginformasikan dari Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, hampir sebagian besar jamaah calon haji Lampung itu menderita penyakit flu dan batuk.

"Kendati menderita sakit, tapi tidak menghambat mereka untuk menjalankan ibadah haji," kata dia.

Ia menyebutkan, tim dokter dari masing-masing kelompok terbang (kloter) telah memeriksa kondisi masing-masing jamaah calon haji yang menderita flu dan batuk tersebut.

Upaya tim dokter, lanjutnya, cukup maksimal dengan memeriksa kesehatan para calon haji asal Lampung itu sehingga dapat mengerjakan ibadah terakhir haji dengan baik.

Salah seorang calhaj Lampung Noor Hariri, yang sempat menderita sakit hernia, sambung Budi, kini telah berangsur pulih setelah menjalani operasi penyakitnya di Madina, dan siap melaksanakan ibadah wukuf.

Budi juga melaporkan, calon jamaah haji dari seluruh penjuru dunia telah memasuki Kota Mekkah. "Mekkah dibanjiri jutaan umat Muslim, dan sangat terasa saat tawaf dan sai serta jalan menuju Masjidil Haram penuh sesak," ujarnya.

Ia mengungkapkan, jamaah haji Lampung yang berjumlah 6.370 orang, seluruhnya telah berada di Mekkah.

Disisi lain kata Budi, hasil kunjungan enam petugas TPPHD Lampung yang diketuai Okta R dan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Sya`roni Ma`shum keseluruh kloter menujukkan calhaj siap menjalankan ibadah terakhir itu.

Terdapat 14 kelompok terbang calhaj Lampung yang terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama, yakni kloter tujuh, 11, 13, 16, 19 dan 21, sedangkan gelombang kedua yakni kloter 24, 26, 29, 31, 35, 38, 45 dan 47.

Jumlah calhaj Lampung 2010 sebanyak 6.370 orang dengan rincian 6.261 orang calhaj dari 14 kabupaten/kota di Lampung ditambah 70 orang petugas haji.

(A054/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010