Assalamualaikum wr wb

Ustadz yang dirahmati Allah.SWT

Saya mau tanya nih,siklus menstruasi saya biasanya teratur dan tidak ada masalah, nah dalam 2 * periode ini siklus ini menjadi bermasalah, untuk diketahui saya tidak sedang memakai kontrasepsi apapun, tidak ada makan obat yang mengandung hormonal dll.

Saya menstruasi selama 10 hari dan kemudian sholat dll seperti biasa selama 5 hari, nah setelah 5 hari bersih tiba-tiba keluar lagi darah dari kemaluan saya, saya hentikan sholat tapi selama 2 hari tidak ada tanda tanda darah ini akan berhenti, maka saya mulai sholat kembali dengan cara mengganti pembalut setiap mau sholat. tapi setelah melaksanakan ini selama 5 hari,saya masih belum yakin juga akan sholat yang saya lakukan, karena saya harus buru buru sholat karena takut selama sholat darah akan keluar. dan sepertinya memang belum ada tanda darah ini akan berhenti. darah yang keluar ini memang tidak sebanyak darah haid, tapi bukan pula berupa flek.

Jadi sekarang, saya dipenuhi keraguan, apakah saya harus tetap melaksanakan sholat dengan kondisi belum bersih ( karena masih ada darah keluar) atau saya tunggu sampai darah berhenti dan benar benar bersih, kemudian apakah saya harus mandi wajib lagi sebelum memulai sholat kembali.

Demikian dulu, pertanyaan saya.

terima kasih banyak atas jawaban yang akan diberikan

Wassalamualaikum wr wb

Fitri-UK

?

Assalamu alaikum wr.wb.

Jika kebiasaan masa haid itu 10 hari, kemudian keluar darah setelah, maka darah yang keluar setelah masa haid tersebut adalah darah istihadah. Sebagaimana hadits Ummu Salamah:

?

Artinya : “Di riwayatkan bahwa Ummu salamah bertanya kepada Rasulullah saw? ihwal seorang perempuan yang mengeluarkan darah. Ia bekata : Lihat jumlah malam dan hari selama ia haid dalam satu bulan. Mereka (karenanya) harus meninggalkan shalat, kemudian mandi besar dan menutupi tempat haid kemudian shalat”. (HR Malik, Syafii, dan imam yang lima kecuali at-Tirmidzi)

Berdasarkan hadits di atas, maka ibu tetap berkewajiban melaksanakan sholat seperti halnya dimasa suci karena darah yang keluar adalah darah istihadoh. Maka setiap kali akan sholat, cukup berwudhu tidak perlu mandi besar.

Wallahu a'lam bish-shawab

Wassalamu alaikum wr.wb.

?

Dr. Oni Syahroni

?

Pewarta: uniek94@yahoo.com (uniek)
Copyright © ANTARA 2010