Medan (ANTARA News) - Kepulangan sebanyak 455 jamaah haji asal Medan yang tergabung di kelompok terbang 6 Debarkasi di daerah itu, Sabtu, masih molor selama tujuh jam lebih.

Kordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, HM Sazli Nasution, Sabtu, mengatakan, keterlambatan itu masih terus terjadi, belum ada kepulangan tamu-tamu dari tanah suci tersebut yang tepat waktu atau sesuai dengan jadwal.

Kepulangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) 6 Debarkasi Medan ini, menurut dia, sesuai dengan jadwal pada pukul 02.00 WIB, namun kenyataannya mereka tiba pukul 09.15 WIB.

"Kepulangan jamaah haji yang seluruhnya berasal dari Kota Medan itu masih terlambat sekitar tujuh jam lewat lima belas menit," kata Sazli.

Ia mengatakan, keterlambatan kepulangan jamaah haji dari Mekkah ke tanah suci ini, dikarenakan terlalu sibuk dan banyaknya penerbangan pesawat yang menumpuk di Bandara King Abdul Azis, Jeddah.Kejadian seperti ini harap dimaklumi.

Selanjutnya, ia mengatakan jamaah haji yang tiba di Bandara Polonia Medan itu, seluruhnya dalam keadaan lengkap dan tak kurang satu apapun juga.

"Jadi yang berangkat ke tanah suci 455 jamaah haji, pulangnya sebanyak itu juga, tidak ada yang tinggal di Arab Saudi karena mengalami sakit," ujar Sazli.

Data yang diperoleh di Asrama Haji Medan, calon jamaah haji dari Sumatera Utara yang menurut rencananya akan berangkat ke Mekkah itu, sebanyak 8.330 orang.

Namun yang jadi berangkat ke tanah suci itu, hanya tercatat sebanyak 8.227 orang, 52 orang tidak berangkat.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010