Tokyo (ANTARA News) - Ketua Sepak Bola Jepang akan meminta nasihat kepada mantan pelatih timnas Jepang Zico menjelang Piala Dunia tahun ini dan berencana menjadikan pelatih asal Brazil itu sebagai duta dalam pengajuan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Presiden Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) Motoaki Inukai berkunjung ke Amerika Selatan untuk mempromosikan upaya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 atau 2022 dengan melibatkan Zico.

"Kami telah meminta kepada dia untuk mau menjadi duta (untuk tawaran Jepang) namun kami juga akan bicara tentang tim Jepang," kata Inukai.

"Kami juga membicarakan tentang Piala Dunia 2006 di Jerman," tambah Inukai yang keras melakukan kritik terhadap tim Jepang yang tersingkir pada putaran pertama di bawah asuhan Zico.

Inukai juga tidak mantap dengan masa depan pelatih Jepang Takeshi Okada yang punya target ambisius mampu melangkah ke semifinal Piala Dunia di Afrika Selatan tahun ini.

"Ada banyak skenario namun belum ada yang selesai," kata Inukai seperti dilaporkan Reuters.

"Jika prestasi dia merupakan target dia itu mungkin," tambahnya.

Jepang punya tugas berat harus bisa melewati babak grup di Afrika Selatan ketika mereka berada satu grup dengan Belanda, Kamerun dan Denmark.
(A020/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010