San Pedro Sula, Honduras (ANTARA News) - Striker asal Honduras David Suazo yang sedang dibekap cedera, dikhawatirkan tidak dapat tampil di Piala Dunia, kata pelatih timnas Honduras Reinaldo Rueda.

"Bila saya tunjukkan daftar pemain saya sekarang, maka nama Suazo belum ada tertera di situ," kata pelatih dari Kolombia, Rueda, yang mendapat warga negara kehormatan Honduras ketika timnya tanding persahabatan melawan Venezuela, Rabu petang, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Suazo, yang bermain di Italia bersama Genoa dan merupakan pemain pilihan utama Rueda di lini depan, sedang menjalani proses perawatan cedera otot di kaki kanannya.

"Saya sudah bicara dengan David. Ia amat termotivasi dan merasa optimistis akan sembuh dengan cepat," kata Rueda kepada wartawan.

"Cederanya amat diperhatikan dan harus dievaluasi dari waktu ke waktu dan yang terpenting kami amat membutuhkannya," katanya Rabu malam dalam acara dengan pihak sponsor tim nasional.

"Dalam terminologi sepak bola, saya tidak tahu apa yang harus kami lakukan agar ia memasuki level yang dapat turun lapangan. Kami berharap ia dapat bersatu kembali dengan tim," katanya.

Rueda, berbicara di San Pedro Sula sebagai kandang tim itu kendati federasi mereka berada di ibukota Tegucigalpa, mengatakan susunan timnya yang lengkap akan segera disusun.

"Saya sedang membuat susunan tim dan mengevaluasinya setiap saat mulai dari kemungkinan pendekatan hubungan antarpermain, kombinasi permainan dan berbagai alternatif lainnya. Saya juga berbicara tentang situasi emerjensi, tentang kecelakaan dan cedera, yang bisa saja membuat susunan pemain menjadi berubah," katanya.

"Tidak lama lagi susunan 23 pemain Piala Dunia akan diputuskan," katanya.

Rueda mengatakan, tantangan besar Honduras adalah lolos dari babak putaran pertama, karena kompetisi awal itu amat berat, bersaing dengan Chile serta tim favorit Spanyol dan Swiss.

"Kami mengerti situasi ini amat rumit, amat sulit untuk melewati para pesaing kami. Mereka memiliki rekor bagus dan pengalaman internasional hebat, semua pemain mereka dalam kondisi fisik yang prima," katanya.

"Chile merupakan tim paling sulit karena mereka bermain dengan sistem rapat. Tim lain, tergantung dari karakteristik mereka, juga susah tetapi masih membuka peluang bagi kami," kata Rueda.

"Ini benar-benar merupakan tantangan, tantangan besar untuk mengalahkan tim besar. Saya kira Honduras dapat menciptakan kejutan dalam penyisihan grup itu," katanya.(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010