Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Senin menyatakan ingin sesegera mungkin membahas  perjanjian perdagangan bebas dengan Honduras.

Xi menerima kunjungan pertama Presiden Honduras Xiomara Castro ke China sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada Maret.

Castro akan berada di China selama enam hari untuk meresmikan hubungan diplomatik dengan China setelah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dalam rangka memperluas investasi dan lapangan kerja. Negara ini juga meminta bantuan China dalam mengurangi beban utangnya.

Jinping berjanji akan aktif mempromosikan produk-produk Honduras agar masuk pasar China.

Dia mengatakan China akan berusaha keras mengembangkan hubungan persahabatan antara kedua negara dan sangat mendukung pembangunan ekonomi dan sosial Honduras.

Pemimpin China itu juga menekankan bahwa kedua negara harus memperdalam kepercayaan dalam hubungan politiknya dan menjunjung tinggi prinsip "Satu China".

"Prinsip Satu China adalah premis utama dan landasan politik untuk membentuk hubungan diplomatik yang loyal dan untuk pembangunan hubungan bilateral," kata Xi.

Baca juga: China gelar pertemuan bisnis tingkat tinggi dengan Honduras

Ketika Honduras mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Taiwan yang sudah puluhan tahun, menteri luar negeri pulau itu menuduh Honduras menuntut jumlah uang yang sangat besar sebelum dibujuk oleh Beijing.

China mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya sehingga tidak berhak menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain. Taiwan menolak tegas klaim ini.

China juga menuntut negara-negara yang memiliki ikatan dengan China agar mengakui sikapnya menyangkut Taiwan itu.

Kementerian luar negeri Honduras mengakui Republik Rakyat China sebagai satu-satunya pemerintah sah yang mewakili seluruh China dan bahwa Taiwan adalah bagian tidak terpisahkan dari China.

Amerika Serikat mengikuti perkembangan hubungan China dan Honduras.  Mereka mengaku memprihatinkan China yang memperluas hubungan ke halaman belakang AS di Amerika Tengah.

AS telah berulang kali memperingatkan negara-negara agar tidak mempercayai janji bantuan China.

Xi mengungkapkan China mendukung pilihan independen Honduras dalam membangun negara itu sejalan dengan kondisi nasionalnya. Xi juga menentang segala campur tangan eksternal dalam urusan internal Amerika Tengah.

Baca juga: Xi Jinping terima kunjungan perdana Presiden Honduras

Sumber: Reuters

Penerjemah: Resinta Sulistiyandari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023