London (ANTARA News) - Patung pemain sepak bola terhebat di dunia diperkenalkan ke publik oleh pelatih Pantai Gading Sven Goran Eriksson Jumat (30/4) di London, Inggris.

Patung itu dibuat berdasarkan tinggi badan pemain jangkung asal Inggris Peter Crouch, dengan rambut bek Spanyol Carles Puyol, mata Xavi Hernandez, dagu Paolo Maldini, dada Michael Ballack, lengan Rory Delap, tangan Julio Cesar, tungkai kaki Cristiano Ronaldo, kaki kiri Lionel Messi dan kaki kanan Thierry Henry.

Patung senilai 270 juta poundsterling itu dibuat oleh perusahaan minyak pelumas Castrol, yang mempekerjakan dua orang seniman yang pernah bekerja di museum patung lilin terkenal Madame Tussaud.

Tim analis Castrol menggunakan data obyektif untuk mengidentifikasi bagian-bagian tubuh para pemain sepak bola terkemuka, dalam prosesnya mereka menganalisis penampilan lebih dari 2000 pemain dari 5 liga teratas di Eropa.

Patung "The Castrol EDGE Ultimate Performing Player" yang dibuat dari lilin dan serat karbon itu diciptakan dalam waktu enam bulan.

Eriksson percaya bahwa pemain sepak bola terhebat adalah segala yang dicari pelatih dalam pemainnya.

"Saya merasa beruntung bekerja dengan banyak pemain sepak bola terbaik dalam karir saya, tetapi ini pemain sepak bola terhebat yang sebenarnya. Dalam satu pemain Castrol ini sudah merangkum semua sifat, baik fisik dan mental, yang seorang manajer cari dalam pemainnya," kata Eriksson, sebagaimana dikutip dari Goal.com.

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo merasa senang dengan patung itu.

"Saya sangat bangga tungkai kaki saya dimasukkan karena semua pemain tahu bahwa kaki sangat penting bagi permainan kami, tempat anda menghasilkan kecepatan anda, kelincahan dan kekuatan. Akan menarik bila bermain melawan dia dan melihat bagaimana saya membandingkan, itu akan menjadi ujian terhebat," kata Ronaldo.

Patung itu akan melakukan tur keliling dunia untuk bertemu dengan penggemar sepak bola di Amerika Selatan, Timur Tengah, India dan Afrika Selatan dalam rangka Piala Dunia 2010.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010