Freiburg, Jerman (ANTARA News) - Robin van Persie membuktikan manfaatnya sebagai penyerang tengah dengan menghasilkan dua gol yang membawa kemenangan bagi Belanda 2-1 atas Meksiko pada pertandingan pemanasan Piala Dunia, Rabu.

Belanda mengawali pertandingan dengan hanya lima pemain reguler tim utama setelah pelatih Bert van Marwijk mengatakan pertandingan tersebut mungkin menjadi ujian terakhir sebelum mengurangi timnya dari 27 menjadi 23 pemain, Kamis.

Tim Belanda tampil tanpa Arjen Robben, Mark van Bommel dan Wesley Sneijder, yang semuanya tampil pada final Liga Champions, Sabtu lalu.

Van Persie memimpin barisan bersama Dirk Kuyt dan Ibrahim Afellay dengan Rafael van der Vaart sebagai "playmaker".

Tim belanda mengawali pertandingan dengan cemerlang dan menciptakan sejumlah peluang sebelum Van Persie membuka skor dengan menyarangkan umpan menyilang lapangan dari Van der Vaart dan pemain depan Arsenal itu menambahkan gol kedua tiga menit menjelang jeda pertandingan.

Namun Meksiko, yang juga akan tampil pada Piala Dunia, mendominasi babak kedua dan menguji pertahanan Belanda yang tegang lebih dari sekali sebelum Javier Hernandez mencetak gol melalui sundulan dari jarak dekat.

"Kami menunjukkan sepak bola dengan kombinasi yang baik pada babak pertama, meskpun diikuti babak kedua yang lebih buruk tetapi untuk pertandingan persahabatan pertama kami puas," kata Van Persie kepada SBS6-TV.

Van Marwijk mengatakan, ia mengerti mengapa penampilan mereka agak datar.

"Van Persie luar biasa malam ini dengan dua gol cantik, tetapi kami kehilangan kekuatan pada babak kedua dan membiarkan Meksiko bermain lebih baik,. Tetapi itu semua ada hubungannya dengan sesi latihan intensif pada hari-hari terakhir," katanya.

Belanda akan menjamu Ghana pada 1 Juni di Rotterdam dan Hungaria empat hari kemudian di Amsterdam sebelum berangkat ke Afrika selatan tempat mereka akan menghadapi Denmark dalam pertandingan pertama mereka di Piala Dunia pada 14 Juni. Jepang dan Kamerun adalah lawan mereka lainnya pada babak grup.

AFP/F005/A008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010