Johannesburg (ANTARA News) - Eugene Galekovic diduga akan menggantikan Brad Jones setelah penjaga gawang cadangan Australia itu terpaksa meninggalkan Piala Dunia karena putranya sakit parah.

Jones, penjaga gawang Middlebrough, meninggalkan Afrika Selatan hanya beberapa hari sebelum "The Socceroos" melakukan pertandingan melawan Jerman, setelah mendengar bahwa putranya yang berusia empat tahun, Luca, dilaporkan sakit leukemia.

Penjaga gawang Adelaide United, Galekovic, merupakan di antara lima pemain yang dicoret dalam penentuan skuad akhir, tetapi tetap berada di tempat latihan di Afrika Selatan untuk berjaga-jaga sebagai pemain pengganti kalau ada pemain Australia yang cedera di saat-saat terakhir.

Jones meninggalkan Afrika Selatan untuk bergabung dengan keluarganya di Prancis, meninggalkan rekan-rekan satu timnya yang merasa prihatin. Sebagian anggota tim Australia mempunyai anak yang masih kecil.

Kapten Lucas Neill mengatakan berita tersebut meluluhkan skuad.

Neill seperti dilaporkan AFP mengakui berita tersebut sangat mengganggu timnya saat melakukan pertandingan pemanasan melawan Amerika Serikat di Roodepoort Sabtu lalu. Australia kalah 3-1 dalam pertandingan tersebut.

Tim Australia berencana memberikan waktu kepada Jones untuk memutuskan apakah ia akan secara resmi mengundurkan diri dari turnamen tersebut dan FIFA hari Senin memberikan persetujuan resmi kepada Galekovic untuk menggantikan Jones bila penjaga gawang Middlebrough itu mundur.
(S005/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010