Pretoria (ANTARA News) - Jarang menghadapi tanda tanya besar di awal Piala Dunia seperti yang dialami tim Argentina kali ini, Diego Maradona akan memberikan jawaban saat melawan Nigeria pada laga pembuka Grup B di Ellis Park, Sabtu.

Argentina bertahan menjadi tim yang relatif bebas masalah cedera pemain. Berbeda halnya dengan Nigeria yang kehilangan gelandang kunci John Obi Mikel.

Namun muncul kehawatiran mengenai kebugaran Lionel Messi setelah menghadapi musim yang melelahkan bersama Barcelona, dan Juan Sebastian Veron (35) yang sudah terlalu berumur.

"Ke-23 pemain ada dalam kondisi optimum," kata dokter tim Argentina Donato Villani dalam jumpa pers, Kamis.

Kembali menjadi favorit setelah nyaris gagal lolos babak kualifikasi tahun lalu, Argentina memiliki talenta untuk melaju.

Skuad Tango ini memiliki kombinasi sempurna pemain muda dan berpengalaman. Laga pembuka ini akan mempertemukan kembali dua musuh lawas pada Piala Dunia 2002 di Jepang dimana Argentina unggul 1-0 --Veron dan Nwankwo Kanu, yang sepertinya akan berada di bangku cadangan untuk Nigeria.

Keduanya melewatkan final 2006 di Jerman, Kanu karena Nigeria tidak lolos kualifikasi sementara Veron diabaikan setelah menjadi kambing hitam atas kekalahan Argentina pada babak pertama di Asia.

Tanpa tekanan
Mikel, talenta terbesar dari Nigeria sejak kemunculan terakhirnya pada Piala Dunia, sangat sulit dilepas oleh tim, kata penyerang Yakubu Aiyegbeni.

"Dia adalah pemain terbaik dalam tim, tetapi kami masih mempunyai banyak pemain berkualitas," kata Yakubu seperti dilansir Reuters.

"Kami tidak berada dalam tekanan, Argentina adalah tim yang tertekan. Kami akan menikmati laga ini.

"Saya merasa kembali pada performa terbaik. Saya tahu harus mengemban tanggung jawab besar," tambah Yakubu.

Dengan bergabungnya Carlos Tevez dan Lionel Messi --yang memenangi final Turnamen Junior Dunia 2005 saat Argentina melawan Nigeria-- serta Gonzalo Higuain di lini depan, tim penyerang Argentina tidak akan memiliki hambatan.

Namun dengan kekuatan menyerang Nigeria, mereka harus meracik dengan hati-hati lini pertahanannya.

"(Nigeria) adalah pesepakbola handal, pemain atletis dengan kekuatan fisik dan teknik meyakinkan," kata bek Argentina Gabriel Heinze.

"Saya pikir kita akan selalu bertahan dengan empat pemain," katanya seraya menyebutkan bek kanan Jonas Gutierrez akan fokus di lini pertahanan.(S022/T009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010