Bloemfontein (ANTARA News) - Menjelang laga Jepang melawan Kamerun Senin (14/6), pelatih Jepang Takeshi Okada percaya tim asuhannya akan tampillebih agresif.

Sebelum datang ke Afrika Selatan (Afsel), Jepang hanya mengalami dua kekalahan dalam empat pertandingan. Jepang mengalami kekalahan dari tetangganya Korea Selatan (Korsel) dan Inggris.

"Kami tidak hanya berkonsentrasi pada pertahanan. Kami memiliki pemain berbakat dan hari Senin kami akan sangat menyerang. Penampilan kami naik dan turun sejak saya mengambil jabatan ini dua setengah tahun lalu," katanya.

"Ini pengalaman yang perlu anda lalui dan saya tidak khawatir. Kami sudah melakukan segalanya semampu kami dalam persiapan kami. Yang saya inginkan saat ini adalah penampilan terbaik," kata pelatih yang pernah melatih Jepang di Piala Dunia (PD) Perancis 1998 itu, seperti dikutip Sporting Life.

Okada kembali melatih Jepang sejak 2007, untuk menggantikan pelatih sebelumnya Ivica Osim yang mengalami stroke.

Pada PD kali ini Okada berharap para pemainnya tidak mengalami demam panggung.

"Kami menyatu dengan baik. Yang melelahkan bagi saya untuk meyakinkan para pemain tidak gugup. Kami akan mendorong mereka semampu kami," kata Okada.

Mengenai Kamerun yang diperkuat oleh penyerang Inter Milan Samuel Eto'o, Okada mengaku dia tidak hanya akan fokus kepada Eto'o karena Kamerun memiliki banyak pemain bagus.

"Saya tidak berpikir Eto'o sempurna. Dia bukan satu-satunya pemain yang hasrus diawasi karena Kamerun memiliki bayak pemain menyerang berbakat. Tetapi tim saya memiliki informasi mereka membutuhkan Eto'o dan kami mungkin butuh lebih dari satu pemain untuk mengawal dia," kata Okada.

Jepang berada di grup E bersama Kamerun, Belanda dan Denmark. Jepang pertama kali mengikuti PD pada tahun 1998, prestasi terbaik Jepang adalah mencapai babak kedua saat menjadi tuan rumah PD 2002 bersama Korsel. PD 2010 merupakan keikutsertaan Jepang yang ketiga kalinya.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010