Bandarlampung (ANTARA News) - Perhelatan Piala Dunia Afrika Selatan 2010 membawa berkah tersendiri bagi pedagang pakian olahraga di Bandarlampung karena kaos kontestan kejuaraan sepak bola sedunia itu laris manis.

"Kaos negara Brazil, Argentina, Inggris, Jerman, dan Belanda paling banyak diminati pembeli," kata Ilin pedagang kaos olah raga di Pasar Bambukuning, Bandarlampung, Senin.

Rata-rata per harinya, kata dia, dapat menjual kaos peserta Piala Dunia sebanyak 15-20 potong atau naik 50 persen bila dibandingkan hari biasa.

Ia menyebutkan, kaos yang dicari umumnya berukuran kecil atau anak-anak dengan harga jual Rp15.000 per buah untuk ukuran kecil. Sedang yang besar antara Rp25.000-Rp30.000 per buah.

Menurut dia, kaos yang paling banyak dicari dari negara konetstan Piala Dunia adalah Kaka (Brazil), Messi (Argentina), Rooney, Lampard, dan Gerrard (Inggris), Klose (Jerman), dan Roben (Belanda).

Tim lain seperti Spanyol, Portugal, kata dia, juga banyak dicari, tapi tidak sebanyak lima tim tadi. "Untuk Portugal, kaos yang banyak dicari siapa lagi kalau bukan Ronaldo dan Spanyol, Torres," kata dia.

Sementara Lia, pedagang kaos lainnya, mengatakan, omzetnya naik hingga 50 persen hasil penjualan kaos peserta Piala Dunia.

Ia mengakui, telah memesan banyak kaos kontestan itu sebelum perhelatan sepak bola sedunia itu digelar. "Saya membeli kaos peserta Piala Dunia di Tanah Abang, Jakarta," kata dia.

Kaos yang sangat digemari pembeli kata dia, adalah dari negara-negara yang terkenal sepak bolanya yakni Brazil, Argentina, Inggris, Jerman dan lain-lain.

Selain kaos menurut dia, sepatu bola dan bola pun banyak dicari oleh pembeli untuk turut pula bermain sepak bola meski di level kampung.

Demam Piala Dunia tidak hanya milik orang dewasa anak-anak pun turut juga merasakan atmosfer kejuaraan sepak bola sedunia tersebut.

Anak-anak di Kemiling Bandarlampung misalnya mengidolakan para pemain bintang yang berlaga dalam kejuaraan itu.

"Kami setiap sore bermain dan berlatih sepak bola. Ingin menjadi bintang sepak bola seperti Messi, Kaka, Klose, Rooney dan lain-lain," kata Zidane (12) warga Kemiling. (*)

A054/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010