Jakarta (ANTARA News) - Stadion Soccer City tampaknya akan menjadi saksi balas dendam Maradona pada pelatih Korea Selatan (Korsel), Huh Jung Moo yang akan mengulang sejarah berhadapan dalam lanjutan penyisihan Piala Dunia Afrika Selatan, Kamis sore nanti.

Pada 1986, Argentina memang mengalahkan Korsel 3-1 di penyisihan group Piala Dunia Meksiko.Saat itu Maradona dan Huh masih berstatus sebagai pemain kedua tim itu.

Tetapi Maradona punya cerita tersendiri tentang Huh dalam laga itu.

"Korea menerapkan taekwondo, bukan sepak bola ketika melawan kami. Saya masih ingat Huh," ketus Maradona dalam satu kesempatan tahun lalu.

Dalam laga sore nanti bukan tidak mungkin aroma masa lalu itu tercium kembali, entah dari Argentina atau kubu Huh. Yang pasti laga nanti sore akan menentukan langkah kedua tim ke fase gugur.

Kedua tim itu telah meraih masing-masing tiga angka setelah mengalahkan lawan-lawannya di laga pertama. Argentina membekuk Nigeria 1-0 di Ellis Park, Johannesburg sementara Korsel tampil lebih meyakinkan setelah membungkam juara Eropa 2004 Yunani 2-0 di Nelson Mandela Bay.

Melawan Nigeria Lionel Messi yang menjadi andalan lini depan telah membuktikan tuahnya sebagai Pemain Terbaik Dunia 2009 meski beberapa kali aksinya digagalkan oleh penjaga gawang Nigeria.

Kali ini Juara Dunia 1978 dan 1986 itu tidak akan menurunkan jenderal lapangan tengahnya, Juan Sebastian Veron yang menderita cedera otot dan gelandang Liverpool, Maxi Rodriguez tampaknya akan mengisi posisi Veron.

Kubu Korea Selatan pun sepertinya akan tampil lebih lugas dibanding ketika mengalahkan Yunani. Tetapi gelandang Manchester United, Park Ji Sung akan tetap menjadi andalan di lini tengah.

Catatan Pertemuan

Argentina dan Korsel telah dua kali bertemu. Di pertemuan terakhir pada Mei 2003, Korsel kalah satu kosong di Seoul dalam laga persahabatan. Sebelumnya jauh di tahun 1986 Maradona mengalahkan Huh dan kawan-kawan 3-1.

Fokus Pemain

Messi akan tetap menjadi andalan Tim Tanggo di lini depan ditemani Carlos Tevez dan Gonzalo Higuain. Messi diharapkan lebih bertaji dalam laga kali ini untuk menjawan kritik atas penampilannya yang melempem bersama tim nasional.

Sementara Huh akan tetap mengharapkan kecepatan dan stamina Park Ji Sung di lini tengah untuk mendobrak pertahanan Argentina yang terkenal tegas.

Data Laga

Tempat: Stadion Soccer City, Johannesburg

Wasit Utama: Frank De Bleeckere (Belgia)

Wasit Garis: Peter Hermans & Walter Vromans (Belgia)

Wasit Keempat: Jerome Damon (Afrika Selatan).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010