Bloemfontein, Afrika Selatan (ANTARA News/Reuters) - Vassilis Torosidis mencetak gol kemenangan Yunani saat mereka mengalahkan Nigeria 2-1 guna meraih kemenangan pertama mereka di Piala Dunia dan mempertahankan harapan untuk maju ke babak berikutnya dari Grup B, Kamis.

Torosidis mencetak gol di menit ke-71 setelah Dimitris Salpingidis di babak pertama menggagalkan kemenangan Nigeria dari hasil gol yang dicetak Kalu Uche melalui tendangan bebas. Pemain Nigeria Sani Kaita dikeluarkan dari lapangan pertandingan.

"Kami memulai pertandingan dengan baik, menguasai bola dan bahkan membuat satu gol. Tapi kemudian salah satu dari kami diusir wasit dari lapangan. Hal itu memberi masalah bagi kami terutama saat pertengahan babak pertama," kata pelatih Nigeria Lars Lagerback setelah pertandingan.

Kemenangan Yunani tersebut membuat mereka mengumpulkan tiga angka bersama Korea Selatan yang sebelumnya dilindas 1-4 oleh pimpinan klasemen sementara, Argentina, sementara Nigeria belum mendapatkan angka dari dua pertandingan.

Nigeria masih punya kesempatan untuk maju ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Korsea Selatan dan Argentina mengalahkan Yunani di pertandingan terakhir grup B.

"Sisi positifnya adalah kami masih punya kesempatan masuk 16 besar jika Argentina bisa mengalahkan Yunani," kata Lagerback.


Momen kartu merah

Nigeria unggul terlebih dahulu di menit ke-16, ketika tendangan bebas Uche dari jarak 35 meter menjebol gawang yang dijaga Alexandros Tzorvas.

Tim Afrika tersebut menguasai pertandingan sampai terjadinya saat kegilaan di menit ke-33 ketika Kaita diganjar kartu merah karena menendang Torosidis di luar lapangan.

"Saya tidak bisa melihat apa yang terjadi sebelumnya dari tempat saya berdiri. Yang saya dengar adalah Kaita menendang Torosidis menggunakan bagian bawah sepatunya. Saya lihat Torosidis terbaring dan memegang kepalanya. Saya tidak tahu, semua terlihat sangat aneh," kata pelatih Lagerback.

Pertandingan segera dikuasai Yunani. Pelatih Otto Rehhagel menggantikan gelandang bertahan Socrates Papastathopoulos dengan pemain penyerang Giorgos Samaras, yang beberapa menit kemudian melepaskan tembakan yang dapat diamankan penjaga gawang Nigeria. Beberapa saat kemudian Yunani menyamakan kedudukan.

Salpingidis mencantumkan namanya di buku rekor Yunani dengan mencetak gol pertama negaranya di Piala Dunia di menit ke-44. Tendangan kerasnya membentur gelandang Nigeria Haruna Lukman sebelum bola masuk ke gawang.

Salpingidis, yang merayakan gol tersebut bersama seluruh anggota skuad Yunani, sebelumnya mencetak gol kemenangan dalam pertandingan playoff Piala Dunia melawan Ukraina untuk membawa negaranya ke Piala Dunia.

Pertandingan babak kedua berjalan secara kalut. Penyerang Yunani Fanis Gekas melepaskan tembakan keras, namun dapat dihalau penjaga gawang Vincent Enyeama, sementara di lain pihak pemain pengganti Chinedu Obasi gagal memanfaatkan kesempatan emas mencetak gol melalui serangan balasan Nigeria.

Yunani hampir menambah gol kemenangan melalui Samaras, sebelum Torosidis mencetak gol kedua setelah Enyeama gagal mengamankan tembakan rendah Alexandros Tziolis.

Yunani kalah dalam keempat pertandingan di Piala Dunia sebelumnya tanpa mencetak gol. (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010