Jakarta (ANTARA News) - Di Tanjung Harapan, Inggris dan Aljazair menyandarkan asa mereka untuk bertahan di Piala Dunia Afrika Selatan.

Kedua negara akan bertarung Sabtu dini hari di Stadion Green Point dalam laga penyisihan kedua Grup B Piala Dunia pertama di Benua Afrika.

Bagi Inggris, pertandingan yang berlangsung Sabtu dini hari itu akan memberi kesempatan untuk mengumpulkan poin penuh agar bisa memperpanjang napasnya di Afrika Selatan.

Inggris yang sebelumnya hanya bermain imbang 1-1 melawan Amerika Serikat (AS) tampaknya akan melakukan apa saja untuk membungkam Aljazair, dan tentu saja pers Inggris.

Bukan rahasia lagi, The Three Lions sedang berada di bawah pengawasan ketat media Inggris apa lagi setelah pelatih Fabio Capello memarahi wartawan dalam sebuah sesi latihan dan blunder konyol yang dilakukan penjaga gawang Robert Green ketika ditahan imbang AS.

Karenanya untuk menebar teror di Green Point Inggris akan memainkan gelandang cepat Aaron Lenon dan Johnson di sisi kanan. Gelandang Manchester City, Gareth Barry tampaknya juga akan menjadi pilihan pertama Capello setelah dikabarkan pulih dari cedera.

Sementara di lini depan selain nama Wayne Rooney, penyerang Tottenham Hotspurs, Jerman Defoe gossipnya akan tampil untuk memporak porandakan pertahanan Aljazair yang dinilai lamban.

Sementara kubu Aljazair kelihatannya masih akan menerapkan formasi bertahan 4-5-1 seperti ketika melawan Slovenia. Pemain cepat, Nadir Belhadj, akan berjaga di lini belakang kiri, membuat Lenon dan Johnson berpikir dua kali untuk merangsek terlalu jauh ke wilayah tim berjuluk Rubah Gurun itu.

Di lini depan Karim Ziani dan Rafik Djebbour diharapkan menjadi pencetak angka mengingat pengalaman keduanya berlaga di liga-liga utama Eropa.

Catatan Pertemuan

Green Point akan menjadi stadion pertama yang menyelenggarakan pertemuan kedua negara itu.

Aljazair akan menjadi negara ke 82 yang dihadapi Inggris.

Fokus Pemain

Inggris punya segudang pemain berkelas dalam skuadnya dengan pelatih Italia, Fabio Capello, yang terkenal mumpuni.

Akan tetapi pulihnya Barry lini tengah Inggris akan semakin solid karena spesialisasinya sebagai gelandang bertahan yang gagal di gantikan oleh dengan baik oleh Steven Gerard dan Frank Lampard di laga kontra AS.

Hassan Yebda tetap menjadi jiwa dan pusat serangan Aljazair. Pertarungannya dengan Gerard di sisi kiri lapangan tengah akan menentukan masa depan Aljazair.

Data Laga

Tempat: Stadion Green Point, Cape Town

Wasit Utama: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)

Wasit Garis: Rafael Ilyasov (Uzbekistan) & Bakhadyr Kochkarov (Kirgistan)

Wasit Keempat: Michael Hester (Selandia Baru).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010