Jakarta (ANTARA) - Ashleigh Barty mencapai final Wimbledon untuk pertama kalinya setelah mengalahkan pemenang 2018 Angelique Kerber 6-3, 7-6 (7/3) pada semifinal di London, Kamis.

Petenis Australia berusia 25 tahun itu masih menunggu lawan yang akan ia hadapi selanjutnya pada babak final, yakni antara petenis nomor satu dunia Karolina Pliskova dari Republik Ceko atau unggulan kedua dari Belarusia Aryna Sabalenka.

Barty merupakan petenis putri Australia pertama yang mencapai final Wimbledon sejak idola dan mentornya Evonne Goolagong Cawley memenangkan gelar keduanya pada 1980 silam.

Baca juga: Barty singkirkan rekan senegara di perempat final Wimbledon

"Luar biasa. Pertandingan tenis ini hampir sebagus yang pernah saya mainkan sebelumnya,” kata Barty yang melepaskan delapan ace dan 38 winner, seperti dilaporkan AFP, Kamis.

"Ini adalah pertandingan yang luar biasa, bahkan mulai dari bola pertama."

"Saya sangat bangga dengan diri saya sendiri dan juga tim saya. Ini adalah perjalanan yang luar biasa, penuh dengan pasang surut,” ungkapnya.

Barty bangkit dari ketertinggalan 1-4 pada set kedua untuk meraih kemenangan dan tinggal selangkah lagi untuk merebut gelar juara Grand Slam kedua setelah kemenangannya di French Open 2019.

Baca juga: Penonton penuh dongkrak semangat Sabalenka menuju semifinal Wimbledon
Baca juga: Atasi Fucsovics, Djokovic amankan tiket semifinal Wimbledon
Baca juga: Rafael Nadal akan tampil dalam turnamen ATP Washington


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021