Johannesburg (ANTARA News) - David Villa mencetak dua gol untuk mengantar Spanyol menang 2-0 atas Honduras dalam pertandingan Grup H Piala Dunia, Senin waktu setempat, ketika timnya mendominasi pertandingan.

Setelah pekan lalu Spanyol kalah 0-1 dari Swiss dalam pertandingan pembukaan mereka, pelatih Vicente del Bosque menerapkan pola permainan 4-4-2 di Ellis Park untuk lebih bermain menyerang, dimana Fernando Torres berpasangan dengan Villa di barisan depan, demikian laporan Reuters.

Spanyol mengendalikan permainan sejak awal melawan tim lemah Honduras di Johannesburg, dan Villa nyaris membobol gawang lawan pada menit kedelapan, namun tendangannya mental mistar gawang.

Baru pada menit ke-17 pemain itu memastikan keunggulan awal Spanyol dengan mencetak gol terbaiknya selama turnamen.

Mengendalikan bola dari sisi kiri lapangan dia menerobos dua pemain lawan, lalu masuk ke kotak penalti dan melesakkan bola ke pojok atas gawang lawan melewati kiper Honduras Noel Valladares.

Dia menambah gol bagi timnya enam menit setelah memasuki permainan babak kedua, ketika tendangan melengkungnya tidak mampu dibendung oleh Valladares.

Spanyol sebelum terjadi gol kedua mendapat peluang gol melalui tendangan penalti, namun tembakan Villa melebar.

Pada pertandingan terakhir Grup H, Jumat mendatang, Spanyol harus menang melawan Chile di Pretoria untuk memastikan bisa meraih putaran kedua, dimana tim itu bakal menghadapi Brazil atau Portugal.

"Kami main menyerang, kami buat umpan-umpan pendek, kami kalahkan mereka 2-0...tapi kami masih berfikir grup ini masih sulit, kami masih punya satu pertandingan melawan Chile, dan untuk menjadi juara dunia jalan masih panjang," kata Villa setelah pertandingan.

Sementara itu Honduras peluangnya untuk lolos ke tahap kedua kecil karena harus mampu mengalahkan Swiss di Bloemfontein pada Jumat dan berharap Chile mengalahkan Spanyol.

"Kami menghadapi satu tim yang lebih superior dibanding kami," kata pelatih Honduras Reinaldo Rueda.

"Mereka mengejutkan kami melalui gol itu, pergerakan David Villa sangat bagus, kami gagal meyakinkan permainan kami untuk bisa menahan lawan," tambahnya.
(A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010