Jakarta (ANTARA News) - Meski menduduki dua tempat teratas di klasemen sementara Grup A Uruguay dan Meksiko berjanji akan tampil ngotot mengejar kemenangan dalam laga putaran penyisihan terakhir Piala Dunia Afrika Selatan di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Selasa.

Kedua negara itu sebenarnya tinggal bermain seri dan masing-masing meraih satu poin agar bisa lolos ke babak 16 besar.

Uruguay dan Meksiko sama-sama mengoleksi empat poin sehingga dengan satu poin saja mustahil bagi Prancis maupun Afrika Selatan yang hanya berbekal satu poin untuk merebut tikel lolos ke fase gugur.

Akan tetapi kedua tim tampaknya akan tetap tampil ngotot dan berusaha meraih tiga angka penuh di laga terakhir mereka itu.

Seperti kata pelatih Meksiko, Javier Aguirre, yang ingin meraih angka penuh untuk mengunci satu tiket ke 16 besar.

Sementara striker Uruguay, Diego Forlan mengatakan timnya ingin mempertahankan posisinya di puncak klasemen untuk menghindari Argentina di fase gugur.

Argentina, kandidat kuat juara Grup B, dan salah satu unggulan juara Piala Dunia 2010, memang akan berhadapan dengan 'runner up' Grup A.

Argentina terang saja bukan lawan yang mudah bagi Meksiko dan Uruguay. La Celeste sempat merasakan pahitnya menantang tim besutan Maradona ketika dikalahkan 1-0 di Montevideo di putaran kualifikasi zona Amerika Selatan yang menharuskan uruguay menjalani laga 'Play Off'.

Catatan Pertemuan

Pertarungan Uruguay dan Meksiko sudah tidak asing lagi dalam pentas sepak bola Internasional. Kedua tim telah bertemu 17 kali dengan tujuh laga dimenangkan Meksiko, tiga oleh Uruguay, dan sisanya berakhir imbang.

Fokus Pemain

Diego Perez menjadi mesin penghancur Uruguay di lini tengah. Perez menjadi andalan untuk menghancurkan serangan-serangan lawan dan membiarkan striker-striker Uruguay menguasai bola dengan aman.

Di kubu Meksiko pemain veteran Cuauhtemoc Blanco bisa jadi menjadi andalan El Tri di lini depan setelah penyerang muda Carlos Vela mendertita cidera ketika mengalahkan Prancis 18 Juni silam.

Data Laga

Tempat: Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg

Wasit Utama: Viktor Kassai (Hongaria)

Wasit Garis: Gabor Eros and Tibor Vamos (Hongaria)

Wasit Keempat: Martin Hansson (Swedia)

Pemain dengan kartu kuning: Torrado, Franco, Moreno, Rodriguez (Meksiko); Victorino dan Lugano (Uruguay).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010