Potchefstroom, Afrika Selatan (ANTARA news) - Fernando Torres masih belum bersinar pada Piala Dunia ini tetapi pahlawan Euro 2008 dari Spanyol itu kelihatannya sudah pulih dan berada dalam kondisi terbaiknya menghadapi laga 16 besar melawan Portugal, Selasa malam.

Setelah menjalani operasi kaki beberapa waktu sebelum dimulai turnamen, Torres dibayang-bayangi rekannya David Villa pada tiga kejuaraan Grup H kejuaraan Eropa dan kemudian ia kembali menunjukkan kesehatannya, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Ketika Villa mencetak tiga gol, termasuk dua gol indah di Afrika Selatan, Torres menyia-nyiakan peluangnya dan ia tertutup oleh beberapa pemain yang tampil cemerlang ketika mencetak gol saat memenangi Euro 2008 melawan Jerman di final.

"Tidak mudah untuk tampil lagi seperti biasa setelah menjalani operasi," kata pemain berusia 26 tahun itu dalam wawancara dengan radio Spanyol, Sabtu.

"Saya pikir saya masih butuh sedikit waktu untuk melangkah ke sana sebelum saya pulih 100 persen, walau pun saya merasakan sudah dapat melakukannya," katanya.

Vicente del Bosque kelihatannya masih tetap percaya pada Torres

dan Villa dalam dua jalur serangan Spanyol saat mengincar kemenangan dan tim pertama yang menjebol gawang Portugal di Piala Dunia.

Pelatih Spanyol menyatakan amat mengharapkan adanya aliran serangan sehingga tercipta gol melalui Torres, karena amat dibutuhkan serangan tajam untuk membuka barisan bertahan lawan yang cukup kuat.

"Hal yang paling penting, ia bermain dalam tiga pertandingan penyisihan grup, ia sudah melakukan persiapan dan sudah tambah baik," kata Del Bosque kepada wartawan, Sabtu.

"Ia mungkin tidak akan mencetak gol tetapi ia menolong temannya dalam mendobrak barisan bertahan lawan," katanya, "Dan ketika ia membuat jarak dengan lawannya ia menjadi amat berbahaya."



Tentang cedera

Spanyol dan Portugal, yang belum pernah bertemu di final, memahami bahwa kemenangan di Stadion Green Point di Cape Town, akan melawan pemenang pertandingan besar lainnya, Paraguay atau Jepang, di delapan besar.

Pelatih Del Bosque dan pelatih Portugal Carlos Queiroz sama-sama menghadapi masalah cedera pemain.

Pemain tengah Spanyol, Xabi Alonso, dikhawatirkan dapat tampil karena keseleo pergelangan kaki ketika melawan Chile sedangkan pemain sayap Portugal Danny berjuang keras mengatasi sakit pada paha kirinya.

Pemain tengah Deco sudah berhasil mengatasi sakit pada pinggul yang membuatnya tidak turun lapangan pada dua pertandingan akhir Portugal di Grup G.

Pemain bertahan di lini tengah Spanyol, Raul Albiol, pemain cadangan yang masih belum turun, bahkan harus beristirahat karena cedera ketika berlatih.

Portugal juga didera masalah karena tujuh pemainnya mendapat kartu hijau. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Pedro Mendes, Hugo Almeida, Pepe, Tiago, Fabio Coentrao and Duda, sedangkan Spanyol masih belum mendapat kartu hukuman.

Pemain tengah Javi Martinez, yang kelihatannya akan menggantikan Alonso dalam susunan pemain Spanyol, akan menempati barisan bertahan tim Torres.

"Fernando membawa banyak manfaat dalam tim," kata pemain berusia 21 tahun itu, yang mengejutkan masuk tim kendati baru tiga kali tampil di kejuaraan Eropa, saat berbicara dalam temu pers, Minggu.

"Jarak yang dibuatnya di depan amat fantastis bagi kami dan saya yakin ia akan sembuh dan akan berada dalam kondisi puncak pada pertandingan berikutnya," katanya.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010