Santiago (ANTARA News) - Ribuan warga Cile meninggalkan ruang kantor maupun sekolah, Kamis, untuk memberi sambutan kepada tim nasional mereka saat kembali ke Tanah Air setelah mengikuti laga Piala Dunia di Afrika Selatan dengan memberikan penampilan baik mereka.

Cile dikeluarkan dari turnamen, Senin, setelah kalah dengan Brasil pada putaran kedua di Afrika Selatan. Namun, tim nasional Cile ini sempat memperoleh dua kali kemenangan, sesuatu yang yang belum pernah mereka capai sejak mereka menempati posisi ketiga pada Piala Dunia 1962.

Pada Kamis, kerumunan suporter berbaris di sepanjang jalan Ibu Kota Santiago ketika sebuah bus berwarna merah membawa para pemain tim kesayangan mereka menuju istana kepresidenan.

"Dalam sejarah ini adalah penampilan terbaik Tim Cile dalam Piala Dunia. Menjadi satu dari 10 tim terbaik di dunia yang membawa kebanggaan bagi warga Cikle," kata Presiden Sebastian Pinera kepada kerumunan warga Cile yang bergembira di luar istana seperti dilaporkan Reuters.

Pelatih Cile Marcelo Bielsa dari Argentina tetap menunjukkan kerendahan hati selama kunjungan diterpa spekulasi bahwa ia bisa meninggalkan posisinya.

Para suporter berteriak girang kepada Bielsa dan memintanya untuk tetap tinggal, karena mereka menilai bahwa ia telah berhasil membawa tim nasional mereka dari salah satu yang terburuk di Amerika Selatan menjadi yang terbaik dalam tiga tahun terakhir.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010