Durban (ANTARA News)- Menguasai lapangan tengah menjadi rahasia sukses Vicente Del Bosque, pelatih Spanyol, ketika mengalahkan Jerman dalam semi final Piala Dunia Afrika Selatan, Kamis dini hari, di Stadion Durban.

"Titik pijaknya pada kualitas pemain-pemain di lini tengah. Itu adalah lini tengah yang terorganisasi dengan baik dan jika Anda memiliki keteraturam maka Anda dapat mempertontonkan kemampuan individu," kata Del Bosque.

"Kami punya pemain-pemain bagus, pemain-pemain luar biasa, materi yang bagus, dan itu membuat segalanya lebih mudah," papar Del Bosque lagi.

"Saya menggerakan sekelompok orang yang sangat berpengalaman dalam dunia sepak bola," tambah Del Bosque.

Xavi Hernandez yang meraih penghargaan 'man of the match' dalam laga itu merupakan jantung dari serangan Spanyol.

Gelandang Barcelona itu seperti melayang di lapangan membagi bola ke dua sayap dan umpan-umpan tajam yang menusuk pertahanan Jerman.

"Kami mencari cara terbaik untuk bermain, mengambil bola, mempertahankannya, dan mempertahankannya sepanjang permainan. Pemain kami memenuhi tugasnya secara luar biasa," ucap Del Bosque.

Sementara Xavi memuji penampilan rekan-rekan setimnya dan mengatakan mereka semua bermain dengan sangat nyaman sepanjang laga.

"Saya sangat bahagia. Saya pikir itu memang pantas, tim kami bermain sangat bagus. Kami mendominasi pertandingan dan kepribadian Spanyol keluar dengan sendirinya," kata Xavi.

"Kami merasa sangat lepas di atas lapangan dan itu yang kami inginkan, itu yang kami cari," pungkas Xavi.
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010