Johannesburg (ANTARA News) - Lebih dari 700 juta penonton televisi di seluruh dunia diduga menyaksikan pertandingan final Piala Dunia antara Belanda melawan Spanyol hari Minggu, kata FIFA seperti dikutip Reuters.

Badan sepak bola dunia itu menambahkan bahwa rekor jumlah penonton dilaporkan di Jerman untuk pertandingan semifinal hari Rabu melawan Spanyol, sementara Amerika Serikat melaporkan peningkatan 50 persen dalam jumlah keseluruhan dibanding tahun 2006.

"Saya kira penonton pertandingan final itu akan lebih besar dibanding tahun 2006, pada saat pertandingan final itu disaksikan 700 juta orang," kata Niclas Ericson, direktur divisi TV FIFA, kepada wartawan.

Ia mengatakan bahwa di Jerman hampir 32 juta orang menonton pertandingan semifinal, yang dimenangi Spanyol 1-0 di Durban.

Saluran Telecinco, Spanyol, melaporkan 13,3 juta orang nonton pertandingan itu, hampir sepertiga dari jumlah penduduk negara tersebut dan hingga kini merupakan jumlah penonton tertinggi untuk program apapun dalam lima tahun belakngan ini, kata FIFA.

Di AS, 19 juta orang menonton saat negara itu dikalahkan 1-2 oleh Ghana, dan jumlah itu merupakan rekor jumlah penonton untuk pertandingan sepak bola pria.

"Jumlah keseluruhan di AS meningkat 50 persen," kata Ericson.

Juga ada rekor jumlah penonton di Timur Tengah, bahkan meskipun sinyal Al Jazeerah diblokir secara misterius selama pertandingan pembukaan antara Afrika Selatan melawan Meksiko, yang berakhir imbang 1-1.

"Bila kami tahu siapa yang melakukan hal ini, kami akan mengambil langkah-langkah semestinya," kata Ericson.(S005/T009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010