Madrid (ANTARA News) - Paul si gurita peramal tidak hanya menyita perhatian penggemar sepak bola di seluruh dunia saja, kalangan politik pun menaruh perhatian kepadanya.

ESPN Soccernet mewartakan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodrigues Zapatero dengan bercanda mengatakan dia akan menawarkan perlindungan negara bagi Paul yang sedang bersiap-siap untuk meramal calon juara Piala Dunia.

Paul populer setelah menebak dengan benar semua hasil pertandingan yang dijalani Jerman selama di Afrika Selatan. Gurita kelahiran Inggris yang bermukim di Jerman itu menebak pemenang pertandingan dengan memilih salah satu kotak transparan berisi remis yang berbendera dua negara yang bertanding.

Paul dipuja sekaligus dibenci. Pendukung tim yang kalah begitu membenci Paul. Salah seorang koki Argentina bahkan mengatakan dia ingin memasak Paul, begitu Argentina disingkirkan Jerman di babak perempat final.

Pendukung Jerman yang awalnya menyukai Paul berubah begitu marah saat Paul meramal Jerman kalah dan ternyata tim "Panser" kalah dari Spanyol.

Kekalahan itu membuat marah pendukung tim "Panser" dan seorang pendukung Jerman mengatakan dia ingin memanggang Paul. Zapatero bercanda bahwa dia akan mencari perlindungan bagi Paul saat dia memprediksi juara ketiga dan juara pertama Piala Dunia (PD) hari Jumat (9/7).

"Saya prihatin dengan gurita itu. Saya berpikir untuk mengirimkan tim perlindungan," kata Zapatero.

Menteri lingkungan dan perikanan Spanyol Elena Espinosa ikut angkat bicara,"Hari Senin, saya harus ada di Dewan Kementrian Eropa dan saya harus meminta pelarangan (penangkapan) bagi Paul si gurita sehingga Jerman tidak memakan dia."(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010