Montevideo (ANTARA News) - Tim Piala Dunia Uruguay mendapat sambutan layaknya pahlawan di negaranya pada Selasa saat puluhan ribu orang menyambut dengan kibaran bendera berjajar sepanjang jalan di Montevideo.

Warga Uruguay penggila bola menanti berjam-jam dalam suhu musim dingin untuk melihat bus yang membawa para pemain melintas, dan President Jose Mujica memberi penghormatan di hadapan fans yang berkumpul di pusat kota ibukota tersebut, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Kami terharu, tetapi terutama bersyukur, sangat bersyukur. Anak-anak ini pantas mendapat pengakuan, tetapi itu melampaui semua yang dibayangkan," kata pelatih Uruguay Oscar Tabarez kepada massa.

Uruguay yang melaju ke posisi keempat dalam turnamen tersebut adalah salah satu kejutan dalam Piala Dunia, dan menjadi penampilan terbaik negara kecil di Amerika Selatan itu dalam empat dekade.

Patricia Rodriguez (24), dengan berbalut bendera Uruguay dan wajah dilukis, tidak terpengaruh oleh kondisi yang sangat dingin itu.

"Saya tidak bisa merasakan kaki saya karena dingin, tetapi satu-satunya yang penting hari ini adalah menunjukkan pada para pemain bahwa kami bangga dengan mereka dan menyampaikan terima kasih," katanya.
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010