Jakarta (ANTARA News) - Dinosaurus memang sedikit menakutkan.

Para ilmuwan telah meremehkan ukuran raksasa prasejarah - dan sebagian besar dinosaurus lebih tinggi daripada kerangka yang kita lihat di museum.

Studi itu menunjukkan bahwa makhluk-makhluk itu memiliki lapisan tulang rawan yang tebal pada sendi mereka, membuat rongga diantara tulang-tulang mereka lebih besar, kata laporan Daily Mail.

Perbedaannya, Dinosaurus terbesar dan lamban dalam pemakan tumbuhan seperti Brachiosaurus, berkat penelitian diketahui tingginya lebih dari 12 lantai hingga setinggi menara 43 lantai.

Tyrannosaurus rex dan Allosaurus, dua dari pemburu kejam untuk menjelajah bumi, adalah 'beberapa inci' lebih besar.

Temuan itu menjelaskan bahwa beberapa spesies mempunyai kaki dan lengan yang lebih kuat dari perkiraan sebelumnya, dan berlari cepat dalam mengejar mangsa.

Dr Casey Holliday dari Missouri University  dan rekannya membuat penemuan setelah menganalisis struktur tulang burung unta dan buaya - dua kerabat modern terdekat dinosaurus - dan membandingkannya dengan tulang kaki Tyrannosaurus rex, Allosaurus, Brachiosaurus, dan Triceratops.

Penulis Dr Lawrence Witmer, berkata: "Penelitian ini penting karena tulang tidak selalu bisa berbicara sendiri.

'Tulang dinosaurus yang dipasang di museum-museum tidak akurat menggambarkan apa yang dinosaurus miliki dalam tubuh mereka di dalam kehidupan karena tulang rawan hilang bersamaan dengan jaringan lunak lainnya.'

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010