Bogor (ANTARA News) - Guru besar ilmu komunikasi dan penyuluhan Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof Dr Sumardjo MS mengatakan program "community development" atau pengembangan masyarakat merupakan model tepat dalam memberdayakan masyarakat miskin.

Prof Dr Sumardjo MS di Bogor, Jawa Barat, Jumat mengatakan, pemberdayaan masyarakat (community development/comdev) merupakan salah satu model yang sering digunakan dalam penyuluhan.

Comdev, lanjut Prof Dr Sumardjo, sejarahnya berasal dari penerapan pendidikan massa yaitu salah satu pendekatan dalam penyuluhan.

Pendekatan pendidikan massa, ujar Prof Sumardjo, sangat tepat dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, karena masyarakat dilibatkan secara langsung untuk berpartisipasi dalam sebuah program pembangunan.

"Comdev menggunakan model pendekatan yang bersifat konvergen dengan memadukan kepentingan penggagas sebuah program dengan kepentingan masyarakat sasaran," ungkap dia.

Oleh karena itu, Prof Sumardjo menyarankan agar model comdev tersebut diadiopsi oleh pemerintah, terutama dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

Sumardjo yakin bila program comdev dilaksanakan, masyarakat yang menjadi sasaran sebuah program akan lebih berdaya.

Program tersebut, lanjutnya, akan lebih memiliki luaran optimal bila didukung oleh program penyuluhan pembangunan secara berkelanjutan.

"Program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan tanpa disertai peningkatan kualitas perilaku manusianya melalui penyuluhan yang efektif, hanya merupakan upaya pemberdayaan yang semu," paparnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat merupakan esensi keberhasilan dari sebuah program pembangunan. Karenanya comdev juga penyuluhan menjadi penting sebagai jalan bagi pemberdayaan masyarakat, demikian Prof Sumardjo.(*)
(ANT-053/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010