Bandung (ANTARA News) - PT Kerata Api (PTKA) Indonesia menurunkan sebuah tim untuk mengecek kecelakaan KA Argo Bromo dan Argo Anggrek di jalur Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu.

"Tim internal PTKA langsung diturunkan untuk mengecek penyebab kejadian kecelakaan KA di Pemalang, hari ini tim langsung melakukan investigasi dan pengecekan," kata Vice President Public Relation PTKA Sugeng Priyono kepada ANTARA di Bandung, Sabtu.

Menurut Sugeng, tim internal itu terdiri dari unsur teknis, administrasi serta unsur terkait lainnya. Selain itu Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga diturunkan ke lokasi kejadian.

"Tim akan bekerja untuk mencari tahu penyebab kecelakaan itu. Sejauh ini belum diketahui penyebab utamanya, masih akan dicek melalui investigasi tim," kata Sugeng.

Sementara itu PTKA konsentrasi untuk mengevakuasi dan menangani korban sesuai dengan kondisinya. PTKA menanggung semua biaya pengobatan penumpang yang mengalami cedera dengan perlindungan dari PT Asuransi Jasa Raharja.

Selain itu perseroan juga konsentrasi menormalisasi jalur KA Pantura yang terputus akibat insiden itu.

"Kejadian terjadi di jalur dua stasiun di sana, kebetulan jalur itu peralihan dari jalur ganda ke jalur tunggal. Sehingga jelas mengganggu lalu lintas KA di jalur Utara," kata Sugeng.

Meski mayoritas sudah dioperasikan jalur ganda, namun di beberapa ruas jalur masih ada yang satu jalur sehingga bila kejadian di jalur tunggal otomatis mengganggu perjalanan KA dari kedua arah.

"Kami fokus pada evakuasi dan normalisasi jalur, alat berat langsung dikerahkan ke lokasi kejadian," demikian juru bicara PTKA itu.(*)

S033/Y003/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010