Strasbourg, Prancis (ANTARA News) - Sebastien Loeb semakin mendekati raihan gelar dunia ketujuh ketika Sabtu di atas Citroen semakin memperkuat posisi di depan pada hari kedua Reli Prancis.

Pereli Prancis itu tercepat dalam empat lintasan khusus (SS) pembuka pada putaran ke-11 dari 13 putaran reli dunia (WRC) musim ini.

Setelah membukukan waktu terbaik pada dua lintasan berikutnya termasuk yang kesembilan dan ke-11, ia memperkuat posisinya di depan saingannya dari Spanyol, Dani Sordo, dengan pautan 42, 8 detik.

"Kendaraan ini sudah dirancang untuk lintasan ini sehingga dapat bersaing dengan baik, tetapi pertarungan masih panjang," kata Loeb.

"Celah waktu kami di depan amat dekat dan perlombaan akan semakin ketat pada sisa permainan," katanya.

Sordo memenangi lintasan ke-10 dan ke-14 dan tetapi memburu lawannya, tetapi Loeb --yang berlaga di kandangnya-- kelihatannya akan berusaha keras menahannya.

Pereli Norwegia Petter Solberg memenangi lintasan 15 dan 16 sehingga naik ke urutan ketiga, terpaut satu menit 14,2 detik dengan yang memimpin sedangkan Jari-Matti Latvala dari Finlandia membukukan waktu (1:34.2) di tangga keempat dan rekan senegaranya di atas Ford Focus, Mikko Hirvonen (3:23.5) tertempel di urutan kelima.

Loeb memimpin Sebastien Ogier, urutan keenam, dengan 43 poin dalam perburuan makhkota juara 2010, sedangkan Latvala terpaut 26 poin. (*)
AFP/A008/C003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010